Tentang Tarbiyah

Bismillahirrahmanirrahim …

Ba’da tahmid wash shalawat. Saya membuat halaman khusus untuk tarbiyah. Ini halaman pengantarnya, karena saya belum punya ilmu mengelompokkan posting berdasarkan halaman. Mungkin memang tidak bisa begitu …

Pengalaman tarbiyah saya dimulai saat mengikuti mentoring di masa SMA dulu, berlanjut ke pertemuan-pertemuan rutin pekanan dalam satu grup tetap, dan … dunia saya pun berubah. Kehidupan baru saya dimulailah. Banyak cerita yang ingin saya share, tapi semoga saya bisa menyampaikannya dengan hikmah. Kenapa saya berbagi tentang ini kepada Anda? Karena tarbiyah terlalu indah untuk saya nikmati sendiri, bahkan ketika menjalaninya tidak semudah menikmati hiburan duniawi seperti nonton film, main game, kongkow di mall, atau pacaran.

Awalnya dulu saya merasa asing, kemudian saya merasa banyak teman, banyak saudara, banyak pengalaman, banyak hikmah, meski terkadang saya kembali merasa terasing, merasa ditinggalkan, tapi tidak mengapalah. Inilah hidup, seperti aliran sungai. Kadang tenang, kadang beriak, kadang landai, kadang berjeram. Banyak teman yang saya kenal pernah bersentuhan dengan tarbiyah. Ada yang bertahan, ada yang tidak. Ada yang antipati, tapi tidak sedikit yang bersimpati.

Tarbiyah memang bukan segalanya, tapi tanpa tarbiyah boleh jadi saya tidak akan mencapai apa-apa.

Beruntunglah orang yang selalu menyucikan diri, dan merugilah orang yang selalu mengotori diri. Dengan tarbiyah saya berusaha memperbaiki diri, dengannya pula saya berusaha mewujudkan keluarga bahagia kami, dengannya saya akan mendidik anak-cucu kami, dan dengannya pula insya’Allah kami berusaha mewujudkan kemaslahatan ummat manusia.

Pesan saya, untuk Anda yang pernah merasakan indahnya tarbiyah: niatkanlah suatu saat nanti Anda akan merasakannya lagi. Untuk Anda yang pernah merasakan pahitnya tarbiyah: jangan berhenti mencari pencerahan dan jangan gengsi untuk kembali merasakan manisnya tarbiyah. Untuk Anda yang belum pernah mengenal tarbiyah: saya yakin Anda menyadari keberadaan tarbiyah dan jangan malu untuk menggali informasi tentangnya karena mungkin suatu saat nanti Anda membutuhkan pegangan hidup.

Tarbiyah, tidak berbeda dengan Islam, bukan pula sempalan/sekte-nya. Tarbiyah hanyalah metode, untuk kita bisa lebih memahami Islam, menjalankannya secara kaffah, dan menyebarkan indahnya Islam kaffah kepada sebanyak-banyak ummat manusia, seluas-luas bidang kehidupan.

Karena Islam adalah way of life, way of death, way to heaven …

Selamat berjuang Saudaraku, jejaki kehidupanmu penuh makna. Bagimu, bagi manusia, bagi alam semesta. Sampai bertemu di surga, aamiin.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin.

4 gagasan untuk “Tentang Tarbiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s