Memilih motor idaman: Yamaha Jupiter Z atau Honda Revo 110?


Beberapa kali istri bertanya tentang motor baru untuk kebutuhan semester depan. Maklum, putri kami hendak masuk TK jadi perlu manajemen waktu untuk kami yang sama-sama bekerja, termasuk urusan motor karena sementara ini kami hanya punya satu motor yang dipakai bersama-sama. Kemudian kami jadi sering berdiskusi tentang motor, walaupun kami belum melihat spesifikasi dari motor-motor itu. Kami hanya melihat langsung dari motor yang berada di samping atau depan saat kami sedang dalam perjalanan rumah-kantor-rumah.

Tahap pertama yang dibahas adalah : matic atau biasa? Awalnya istri tertarik juga untuk memilih motor matic karena pernah meminjam dari seorang teman dan menurutnya cukup nyaman. Selain itu sepertinya motor jenis ini sangat populer terutama di kalangan remaja dan wanita. Hmm terserah sih, kalau saya sebenarnya tidak punya keberatan apapun tentang pilihan itu karena yang akan membeli dan memakai motor itu istri. Namun dalam perjalanan, banyak alasan yang menggugurkan keinginan itu misal seperti motor matic itu seperti vespa ya cuma roda yang sama di belakang, terlihat ringkih (tidak kuat) apalagi saat dibawa ngebut, ngeri katanya. Ya sudah, akhirnya motor matic tidak lagi menjadi pilihan.

Berikutnya yang dibahas adalah : Honda atau Yamaha? Wah ini sudah mulai masuk ranah politik. Politik bisnis tepatnya, karena tiap-tiap vendor pasti mempunyai strategi masing-masing untuk menjadi pilihan. Tetapi sementara, metode penilaian masih berkisar pada motor-motor yang pernah dan sedang kami lihat, di perjalanan. Sepertinya Yamaha sedang mode, di mana-mana orang pakai Yamaha, pilihan juga banyak. Memang, mungkin Honda sedang menurun pamornya tetapi terserah. Memilih-milih produk Yamaha, kira-kira apa ya yang bagus? Jupiter atau Vega? Jupiter aja dech. Trus Z atau MX? Hmm, Jupiter Z punya tetangga baru koq sudah mulai berkarat ya… Mungkin dari air atau juga perawatannya, tapi koq dengan DP 2 juta selama 3 tahun masih nyicil lebih dari 500 ribu? Mahal banget … Lihat aja brosurnya lagi. Tapi Z memang lebih murah dari MX kan. Kesimpulan akhir untuk Yamaha, harga hampir sama dengan Honda tetapi kualitas seperti suara mesin masih di bawah Honda. Coba lihat Honda … ada apa? Ada Supra X 125, ada Revo, juga Blade, bedanya apa? Meneketehe … Lihat body-nya dulu aja, mana yang paling diminati secara pengguna biasa melihat dari situ bukan dari spek yang lain. Hmm, Supra X 125 kelihatannya paling mantap, tetapi harganya juga mantap. Gimana kalau Revo? Sepertinya OK juga, selisih harganya dengan Supra X 125 juga lumayan, jadi cicilannya bisa lebih ringan. Hmm, kenapa gak?

Pembahasan jadi mengerucut pada : Jupiter Z atau Revo 110? Daripada pusing, toh yang lebih jadi pertimbangan adalah di biaya mending cari informasi dulu ke dealer. Istri kemudian meminta brosur di dealer dekat kontrakan, kemudian membandingkan dengan brosur yang didapat dari seorang marketing di sebuah swalayan. Trus kesimpulannya apa? Informasi ini mungkin akan dipertimbangkan oleh istri, mungkin juga tidak. Spesifikasi Honda Revo 110. Spesifikasi Yamaha Jupiter Z. Perlu juga melihat harga dari situs resmi keduanya : Cek harga Honda. Cek harga Yamaha.

Iklan

5 thoughts on “Memilih motor idaman: Yamaha Jupiter Z atau Honda Revo 110?

  1. Pertamax!
    Bukan cuma karena menjadi yang pertama kasih komentar ke postingan sendiri, tetapi karena motor baru kami coba saya isi dengan pertamax. Alasannya tentu ingin performa motor lebih mantap, selain belajar untuk mengalihkan subsidi ke orang-orang lain yang lebih membutuhkan. Btw, setelah hampir sebulan Honda Revo 110 kami pakai pertamax, ternyata cukup berat juga pembiayaannya walaupun dengan itu saya bisa boosting ngejar waktu absen kantor. He he he, ternyata menghindari subsidi itu tidak mudah ya … 🙂

    1. Wah sebagai hanya pengguna dan bukan pakar/ahlinya saya tidak tau persis jawabnya … tapi sepengetahuan saya (kalo gak salah juga sih) Pertamax dan PertamaxPlus itu masih satu keluarga dengan Premium. Bedanya cuma di nilai oktan (besar tekanan pembakaran spontan) saja, PertamaxPlus>Pertamax>Premium alias PertamaxPlus lebih bagus dari Pertamax lebih bagus dari Premium. Sebenarnya ada perbedaan lainnya, di harga beli tentu akan berbanding lurus … ada rasa ada harga (emang makanan) 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s