Rencana pembangunan terminal Depok


Berita terbaru Pemkot Depok …

Terminal Jatijajar Depok Segera Dibangun

Berita Depok on October 5th, 2010

Pemerintah Kota Depok akan segera merealisasikan pembangunan terminal Jatijajar. Pembangunan terminal, sempat tertunda dikarenakan faktor perijinan pusat dan anggaran.

Pembangunan terminal tipe A ini diperkirakan menelan biaya sebesar 70 Milyar. Dana tersebut merupakan sharing antara bantuan pemerintah pusat, provinsi dan APBD kota Depok. Selain angkutan umum dalam kota, terminal akan dipergunakan  sebagai terminal bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP).

Merupakan langkah terobosan Pemkot Depok,  memindahkan terminal lama bertipe C dari Margonda ke terminal Jatijajar dengan tipe A. Terminal yang terletak di wilayah kelurahan Jatijajar kecamatan Tapos mempunyai luas 10,2 ha dan semua lahannya sudah dibebaskan oleh pemkot. Untuk pembangunan terminal diserahkan kepada Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok.

Dudi Kusnadi Kepala Bidang Pemukiman dan Tata Bangunan Distarkim mengatakan tahapan pembangunan terminal di tahun 2010 meliputi manajemen konstruksi dan pekerjaan pemerataan tanah. ” Kami mendapatkan anggaran 1,5 Milyar dari pusat untuk manajemen konstruksi dan APBD tambahan 2010 sebesar 3 Milyar untuk land clearing” ujarnya saat ditemui dikantornya, Jumat (1/10).

Menurut Dudi, pembangunan konstruksi building terminal Jatijajar tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2011. Dan diharapkan terminal tersebut sudah dapat beroperasi tahap awal pada tahun 2011-2012.

Dudi menilai pemindahan terminal itu diharapkan dapat mengurai kemacetan lalu lintas di jalan Margonda yang sering dikeluhkan masyarakat.

Sumber : http://www.depok.go.id/05/10/2010/berita-depok/terminal-jatijajar-depok-segera-dibangun

Ini tentu berita yang cukup menggembirakan bagi seluruh warga Depok, karena selain dapat mengurangi kemacetan lalu lintas Jalan Margonda dan Jalan Raya Bogor juga memudahkan bagi warga Depok pendatang (asal luar daerah – red) untuk mendapatkan fasilitasi transportasi AKAP (antarkota antarprovinsi) terutama di waktu-waktu padat seperti liburan sekolah dan lebaran. Selama ini Anda yang warga Depok pasti sudah paham dengan hal di atas, bagaimana kemacetan yang terjadi di depan terminal Depok setiap pagi dan sore hari, juga kepadatan lalu lintas di PAL dan simpang Depok di waktu sore terutama di musim liburan. Keberadaan terminal ini tentu menjadi vital bagi pemecahan masalah di atas, termasuk di dalamnya kenyamanan bagi pengguna angkutan umum. Saya pribadi merasakan ketidaknyamanan ini sejak pertama kali mudik lebaran kemarin, terbersit tanya di hati saya :

“Kenapa Depok gak punya terminal antarkota sih?”

Mungkin ini merupakan jawaban dari keprihatinan saya dan warga Depok pendatang secara umum. Semoga dengan dibangunnya terminal Jatijajar Depok, fasilitasi Pemkot Depok bagi warganya untuk urusan transportasi darat. Bagaimana menurut Anda?

One thought on “Rencana pembangunan terminal Depok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s