Mengikuti Kompetisi Blog Review


Beberapa pekan lalu saya sempat melihat banner IDwebhost Blog Review Competition 2011 di beberapa blog Sahabat Blogger. Awalnya sempat melihat overview, syarat dan ketentuan tapi tidak terus ke form pendaftaran karena alasan tidak berkompeten tentang kompetisi dimaksud. Belakangan saya dan beberapa teman yang sudah lebih dulu merintis usaha sampingan lewat toko online mengajak saya mendirikan suatu usaha bersama berbasis toko online. Beberapa kali diskusi tentang jenis usaha dan media, tersebutlah IDwebhost sebagai kandidat kuat untuk web hosting toko online yang akan kami bangun. Beberapa hari lalu saya baru mulai intensif mengunjungi IDwebhost.com hanya untuk mencari-cari domain Indonesia yang belum ada untuk jadi domain toko online kami hingga akhirnya saya tergerak untuk mengikuti kompetisi ini meskipun baru mendaftar di hari terakhir. Bismillah …

Membuka Usaha dengan Toko Online

Dulu yang ada di pikiran saya tentang membangun sebuah website adalah : susah, ribet, juga perlu paham ilmu pemrograman seperti HTML, PHP dan sebagainya. Tapi ternyata banyak di antara teman saya yang notabene tidak pernah belajar pemrograman tersebut bisa membuat website pribadi. Dulu saya berpikir untuk punya website harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, ternyata banyak teman yang punya website secara gratis.

Ketika saya mulai mengenal blog, saya baru menyadari bahwa yang ada di pikiran saya itu tidak selamanya benar. Melalui blogging saya jadi tau bahwa beberapa tools disediakan oleh pengembang internet (terutama penyedia blog gratis) untuk memudahkan penggunanya dalam membuat tampilan website atau blog-nya. Istilahnya CMS (Content Management System), di mana pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan untuk membangun websitenya tanpa perlu susah menghitung, ribet dengan tampilan, dan pusing belajar pemrograman.  Tinggal klik-edit-save, klik-edit-save dan hoopla … website kita terwujudlah seperti yang kita inginkan.

Nah, dengan kemudahan ini ketika seseorang hendak membangun sebuah toko online yang perlu lebih diperhatikan adalah :

  • Pilihan nama domain. Memang bukan yang utama tapi setidaknya mencerminkan isi/konten, logikanya orang akan mencari dengan istilah yang sesuai isi bukan? Meskipun di beberapa kasus ada website yang menggunakan nama domain jauh berbeda (baca: gak nyambung) dengan kontennya, tapi tentu ia menggunakan teknik lain untuk mendapatkan peringkat teratas di search engine.
  • Pilihan menu dan fitur. Menu dan fitur adalah kerangka dan sekaligus postur dari website, dari menu dan fitur pengunjung merasakan kenyamanan meng-akses website. Menu yang beragam memberikan pengunjung lebih banyak pilihan informasi yang ingin diperoleh, sedangkan fitur yang user-friendly akan mengarahkan pengunjung memanfaatkan layanan yang paling mudah dan sesuai.
  • Konten dan updating. Isi/konten adalah ruh dari website di mana pengunjung akan mendapatkan kesimpulan seberapa penting menggunakannya sebagai referensi, menjelajahi satu demi satu menu yang disediakan, sehingga memanfaatkan seluruh fiturnya termasuk pemesanan tentu. Updating konten juga memegang peranan penting, pengunjung yang aktif umumnya akan mencari konten yang up to date dan menyukai konten-konten baru.

Sebelum mem-publish toko online, sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu semua menu, fitur dan konten sehingga pengunjung tidak kecewa ketika pertama kali meng-akses website. Ingatlah slogan berikut: Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya memesan dan memesan lagi.

Memilih Webhosting Murah Terbaik

Begitu banyak pilihan web hosting disediakan penyedia jasa hosting di Indonesia, persaingannya pun begitu ketat mulai dari skala nasional hingga skala lokal. Semua menawarkan fasilitas yang menggiurkan dan pilihan biaya yang bersaing. Bahkan tidak sedikit yang menawarkan kerjasama bagi pemilik website dan blog untuk meningkatkan jumlah pengguna. Tidak mudah menentukan pilihan berlangganan hosting yang berkualitas, tapi tips dan trik berikut mungkin berguna:

  • Meminta saran dari pengguna. Hal ini penting sebagai referensi, pengguna adalah orang yang pernah benar-benar merasakan menggunakan layanan penyedia jasa hosting. Testimoninya adalah kenyataan yang memiliki nilai subyektifitas tinggi, tapi kenapa subyektif? Karena konsumen adalah raja, dan raja biasanya subyektif.
  • Mencari nama-nama populer. Populer berarti banyak disukai, tidak mesti branded tapi yang branded biasanya memang populer. Setidaknya dengan memilih nama-nama penyedia jasa yang populer kita tidak perlu lagi me-range sebegitu banyak penyedia jasa yang perlu dipilih.
  • Memilih layanan yang mudah. Sebagai pemula saya tidak banyak paham tentang layanan web hosting ini tapi saya tau bahwa memilih layanan yang mudah akan meringankan beban saya selanjutnya yaitu membangun toko online yang diinginkan. Layanan yang berbelit akan membuat calon konsumen berpikir ulang untuk menggunakan jasa atau bahkan untuk membuka toko online-nya.
  • Menentukan sesuai kebutuhan dan kemampuan. Terakhir, menentukan penyedia jasa hosting semestinya sesuai kebutuhan dan kemampuan kita. Sebelum membuka toko online tentu kita sudah memperhitungkan modal yang kita butuhkan sekaligus nilai keuntungan usaha yang akan mengembalikan modal kita. Jangan berlebih-lebih tapi tetap optimis, pilihan yang kecil tapi sesuai lebih bijak daripada yang besar tapi memberatkan.

Masih banyak ilmu memilih web hosting yang bisa didapatkan di internet, kita bisa menggalinya lebih dalam dan mempraktikkannya.

IDwebhost, Domain dan Web Hosting Murah Indonesia

Kembali kepada rencana saya dan teman-teman untuk membuka toko online bersama, kandidat kuatnya jatuh pada IDwebhost. Alasannya sebagaimana tertulis dalam tips dan trik di atas, setidaknya itulah yang membuat kami memilihnya. Teman-teman yang sudah mempunyai usaha toko online memberikan saran beberapa web hosting Indonesia dan IDwebhost selalu termasuk di dalamnya. Dari search di google juga IDwebhost termasuk teratas untuk penyedia jasa web hosting di Indonesia. Menunya lengkap dan fiturnya memudahkan kami untuk menggunakannya. Yang terakhir adalah IDwebhost menyediakan pilihan jasa yang sesuai dengan kemampuan usaha kami dan sesuai juga dengan kebutuhan toko online baru kami.

Saya memang masih awam tentang toko online dan web hosting, tapi uraian di atas setidaknya memberikan gambaran bagaimana seorang yang masih awam bisa membuka usaha berbasis toko online dengan domain dan web hosting murah terbaik. Semoga bisa memotivasi sahabat blogger yang lain untuk membuka usaha online-nya menggunakan pilihan web hosting Indonesia yang murah, tangguh dan berkualitas. Terima kasih dan sukses!

————————-0O0————————-

Sumber gambar:

  1. ferdian.web.id
  2. blog.fastncheap.com

14 thoughts on “Mengikuti Kompetisi Blog Review

  1. eeaa,. ini tempat saya beli domain dulu utk weblog kangabid, cb deh mampir ke pandji klo mau domain indo dgn harga bersaing *sumpah saya gak ngiklan dan saya bkn org suruhannya pandji

    1. Hhmmm, pandji? pandji yg inikah?
      Nah lho koq malah jadi ng-iklan-in 🙂
      Ndak apa-apa lah, nothing to lose … ntar dites dulu deh, kalo cocok bisa buat hosting blog kan. 😀

  2. Pengalaman dgn idwebhost membuat saya terkesan, cs dan techn suppor mereka ramah dan cpt membantu. Tp masalahnya, seringkali saya tdk bisa mengakses cpanel, kt mrk ip saya diblokir, hal yg tdk prnah saya alami di freehostia

    1. Hmm, perlu analisis lanjutan sepertinya. Pastinya jadi masukan bagus untuk tim teknis mereka. Ngomong-ngomong pengalaman ber-hosting-nya pasti sudah banyak.
      Makasih sudah mampir di gubuk saya 😀

  3. Saya pernah nanya pada jasa pembuat website toko online ternyata butuh biaya yng tidak sedikit akhirnya sy cuma jualan bj lewat fb…yah lumayan juga yng order hehehe…tp pastinya suatu hari nanti pengen ada web toko online khusus dan info anda sangat bermanfaat untuk sy. TQ

    1. Tapi toko online yang sekarang sepertinya juga sudah lumayan. Apalagi promonya bagi-bagi foto artis lagi, pasti diserbu ABG-ABG, bukan begitu Jeng …

Tinggalkan Balasan

