Milad I Blog Ini | Evaluasi Setahun atau Lebih Nge-Blog …


Alhamdulillah … setahun berlalu sejak blog ini menampilkan Hello world! untuk pertama kalinya, seperti bayi yang baru lahir ke dunia. Meskipun blog ini ibarat bukan anak pertama, tapi blog ini lahir di saat saya berada dalam kegamangan … di saat-saat kritis menyelesaikan studi. Entah apa yang saya pikirkan saat itu, yang pasti momen menjelang April membuat saya ingin mengeluarkan uneg-uneg tentang suatu hal.

Niatan saya membuat blog ini adalah:

  1. Menjadikannya ruang pribadi saya, seperti komentar #2 di blog ini. Di sini saya meletakkan uneg-uneg, ide-gagasan, pemikiran, dan lain-lain yang bisa saya manfaatkan sendiri maupun berbagi dengan orang lain. Hal-hal terkait pengalaman pribadi, pengetahuan-wawasan, keluarga, dan spiritualitas akan saya coba tuliskan di sini, insya’Allah.
  2. Menjadikannya media untuk perbaikan bagi organisasi tempat saya mencari nafkah, dengan membuat halaman khusus untuk itu. Di sini saya akan memberikan kritisi, saran-masukan, dan motivasi bagi saya pribadi dan rekan-rekan kerja saya tentu yang peduli terhadapnya.
  3. Menjadikannya media untuk warga Depok, tempat saya tinggal hampir 2 tahun terakhir. Saya sengaja membuat halaman Peduli Depok. Ke depan saya akan tampung dalam kategori khusus Sekitar Kita | Depok, hal-hal terkait informasi, ide, kritik dan lain-lain. Narablog yang peduli terhadap kota ini saya persilakan menjadi kontributornya.

    Interaksi dengan internet yang cukup intensif setelah memiliki blog ini, sedikit banyak telah merubah pola pikir saya. Dulu ketika saya pertama kali membuat blog (untuk ad-sense) saya malah tidak terlalu memerhatikan statistikanya. Sekarang entah kenapa, saya beberapa kali menuliskan tentang statistika blog ini, seperti di sini, di sini, dan di sini. Padahal tentu bukan itu tujuan saya membuat blog ini, terlebih karena saya tidak membuatnya untuk urusan bisnis online (setidaknya belum). Meski demikian saya akan mencoba untuk positive thinking tentang kondisi ini, karena saya sadar ini tentu bukan hanya karena dorongan internal saja melainkan juga karena pengaruh eksternal. Beberapa hal yang saya temukan adalah, belajar dari banyak web/blog tentang hal ini, bersaing dengan blog-blog rekan atau teman, bergabung dengan komunitas blog regional, mendapat motivasi dari wordpress, atau mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam beberapa kompetisi menulis/blog. Hal-hal tersebut setidaknya telah membuat saya menuliskan 83 posting, membuat 10 halaman, dan memberikan balasan komentar kurang lebih separuh dari 260 komentar. Sesuatu yang tidak terjadi pada blog-blog saya sebelumnya.

    Pada kesempatan ini, saya hendak melakukan evaluasi kecil terhadap aktifitas saya terkait blog ini, pengaruh baik-buruk blog ini buat saya, dan pencapaian tujuan (niat) saya dari blog ini. Evaluasi ini tentu bebas nilai, karena self-evaluation jadi lebih banyak akan menjadi feedback untuk saya ke depan.

    1. Aktifitas saya terkait blog. Setelah menjalani aktif nge-blog di sini setahun terakhir saya merasakan bahwa saya menjadi ‘cenderung’ terikat dengan blog ini. Saya seringkali terpikir untuk menuliskan berbagai ide dalam blog, tapi terkadang saya bingung mesti menulis apa karena ‘terdorong’ untuk menulis secara rutin di blog ini. Hal ini menurut saya kurang baik, karena menjadikan saya tidak disiplin untuk suatu yang saya niatkan. Saya berpikir untuk memasukkan blogging sebagai salah satu kegiatan harian saya, membuat jadwal pekanan atau bulanan untuk kategori-kategori tertentu sehingga saya lebih disiplin untuk mencari ide, membaca atau belajar, dan menuliskannya dalam blog. Menjadikan tulisan bersambung tentang suatu hal dalam kategori yang sama, mungkin lebih baik daripada saya menuliskannya dengan serampangan untuk mengejar satu tema setiap kali posting.
    2. Pengaruh baik-buruk blog ini terhadap saya. Blog ini telah mendorong saya untuk bisa berbagi lebih banyak dengan orang lain, tentang banyak hal mulai dari hal pribadi, sosial, politik, spiritual dan keluarga. Saya juga berencana berbagi untuk pengetahun, wawasan, pengalaman, dan lebih banyak lagi sehingga bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk orang lain. Itu mungkin pengaruh baik, sedangkan untuk pengaruh buruknya yang saya rasakan adalah. Saya menjadi kurang terkontrol untuk manajemen waktu, disiplin kerja, belajar, dan istirahat. Saya lebih sering blogwalking daripada membaca buku, lebih sering berkomentar daripada menuliskan pemikiran yang positif dalam posting tersendiri dan saya ‘agak’ menabrak rambu-rambu ‘wilayah privat’. Saya sangat berharap istri saya akan mulai dengan hobi menulisnya lagi, syukur karena saya telah menemukan beberapa saudara aktif nge-blog sehingga sedikit banyak akan menjadi penyemangat dan pengontrol tulisan-tulisan saya.
    3. Pencapaian tujuan blog ini. Setidaknya ada 3 tujuan utama (niat) saya membuat blog ini seperti tertulis di atas, dan bila saya evaluasi hasil dari proses selama 1 tahun ini maka prosentase capaiannya secara berurutan adalah sebagai berikut: 85%, 10%, 5%. Kalo saya ditanya dari mana saya mendapatkan angka-angka itu? Saya hanya bisa menjawab, dengan perasaan saya. Perasaan postingan saya lebih banyak terkait hal pribadi dan keluarga, hal-hal umum dan berita terkini. Terkait dengan kantor masih sangat sedikit dan tentang Depok lebih sedikit lagi. Saya sungguh berharap prosentase tahun depan komposisinya menjadi 60%, 20%, 20%. Cukup ideal buat saya, semoga.

    Tentu evaluasi ini sangat dangkal, semoga tahun depan bisa lebih bermutu dan komprehensif lagi. Bukan apa-apa, tapi membuat blog untuk alasan iseng sepertinya kurang bijak. Karena bahkan Allah SWT pun tidak menciptakan sesuatu yang sia-sia, maka saya sebagai manusia yang lemah ini tidak semestinya menyia-nyiakan kesempatan ini. Saya sangat berharap ada kritik, saran dan masukan dari teman, sahabat dan saudara semua untuk perbaikan blog, blogger, dan lingkungan sekitar blogger ini ke depan.

    Terima kasih atas kesediaannya berkunjung dan berkomentar di blog ini. Sahabat blogger saya saat ini sejumlah 42 orang (saya sebut sahabat karena sudah berkomentar, satu level di atas berkunjung dan melihat), sementara saya belum ingin mempunyai follower (pengikut | suatu level yang mungkin bagi sebagian blogger lebih tinggi/rendah dari  sahabat). Dengan rendah hati saya mohon maaf bila dalam posting, komentar balasan, dan komentar kunjungan ada hal-hal yang tidak berkenan di hati. Semoga kita bisa terus terikat dalam jalinan silaturrahim, terimakasih telah menjadi sahabat blogger saya.

    Salam persahabatan,
    Abu Faqih

    NB: H-1 Milad I blog ini saya sengaja mengubah theme menjadi: Kubrick by Michael Heilemann (theme default wordpress) sebagai cara untuk interospeksi blog seperti mengenang saat bayi dilahirkan, tidak mengenakan pakaian (polos, suci). Bagaimana menurut Anda?

    9 thoughts on “Milad I Blog Ini | Evaluasi Setahun atau Lebih Nge-Blog …

    1. baru saya mau nanya kenapa temanya balik jadi Kubrik, ternyata udah ada jawabannya di akhir. hehe.

      Selamat ulang tahun utk blognya. Senang sekali membaca setiap tulisan yg jujur apa adanya, bukan dikemas jadi seolah-olah keren namun tidak mencerminkan kepribadian penulisnya. evaluasi tidak ada yg dangkal kok, refleksi sekecil apapun dapat membantu menyusun target berikutnya.

      dan senang sekali kemarin akhirnya bertemu langsung dengan bloggernya. hehehehe. maaf gak langsung ngenalin orangnya, tapi saya sudah liat senyumnya duluan kok 😀

      1. Makasih, Opa. Setelah kopdar kemarin saya jadi bingung mesti panggil apa, Opa atau Om, tapi ya sudahlah toh sebutan yang jujur apa adanya lebih nyaman.
        Saya juga senang kemarin untuk pertama kalinya saya bertemu dengan orang-orang yang tidak pernah saya temui tetapi sering saya baca tulisannya termasuk Opa, semoga bukan yang terakhir.
        Menurut Opa kapan saya mesti mulai punya follower? Di twitter sudah 2 orang blogger follow padahal saya tidak aktif ng-twit 😛

    2. salam kenal..met milad blognya….. saya full time aj masih suka keteteran buat update blog saya, tapi ada satu kesalahan saya, tiap ada inspirasi/topik gak pernah di catet jadi lupa.heee….. salm deBlogger, kalo ada kopdar boleh dong ane ikut 🙂

    3. Met milad buat blognya, dan filosofi mengaitkan dengan kelahiran sangat sangat menyentuh.. selalu gembira kalau bisa mengenal blogger seperti mas abu faqih..

      apalagi sudah ketemu di kopdar, wah salut dengan kepribadian abu faqih, stay blogging dan tetap konsisten.. kalau ngga dirawat, pasti blognya kurus dan tidak gemuk 🙂

      1. Duh … kata-kata yang begitu :P, tapi saya juga senang bisa mengenal sebanyak-banyak blogger termasuk Unggul.
        Kepribadian hmmm, ya ya ya … meski badan kurus, blog mesti gemuk begitu kan? Makasih Unggul, semoga juga blog-nya 😀

    Tinggalkan Balasan

