Menjelang Akhir April 2011


Pagi tadi selepas Subuh, sejenak saya memandang ke langit. Tampaklah sebentuk bulan sabit di ufuk timur (kalo beruntung Anda masih bisa melihatnya siang ini atau besok pagi), ini menunjukkan sudah di akhir bulan Hijriyah: Rabi’ul Tsaniyah (Robiul Akhir). Hari ini tepatnya 25 Rabi’ul Tsaniyah 1432H atau bertepatan dengan 29 April 2011.

Evaluasi 5 Bulan Berjalan

Saya jadi teringat pernah merencanakan perjalanan tahun 2011 ini dengan beberapa target yang ingin saya capai. Renungan di Awal Tahun 1432 Hijriyah, saya tuliskan awal Desember tahun lalu atau sudah berlalu hampir 5 bulan. Lalu apa yang sudah saya capai? Pertanyaan simple, jawabannya juga simple tapi kenapa jadi susah ya … apa karena saya tidak bisa menerima kenyataan kalo saya belum mencapai apa-apa. Trus, apakah saya harus berbohong? Berikut saya copas dari posting tersebut:

Resolusi tahun ini :
  1. Manajemen diri lebih baik, terutama mengatur waktu dan uang
  2. Membaca setidaknya 12 buku, atau satu buku/bulan
  3. Melunasi 2/3 hutang, selanjutnya menabung
  4. Menambah penghasilan dengan usaha sampingan
  5. Mengusulkan sistem kerja yang lebih baik, menyesuaikan mainstream nasional dan menyukseskan reformasi birokrasi
  6. Belajar lebih dalam tentang : manajemen organisasi, ilmu kripto modern dan komputasi paralel
  7. Olahraga teratur (minimal 3 kali sepekan) dan makan makanan bergizi (perbanyak sayuran dan buah)
  8. Back to asolah … rutinkan shaum sunah dan tahajjud, silaturrahim ke ortu dan family meeting.

Hmmm, secara subyektif pencapaian saya sejauh ini adalah sebagai berikut:

  1. Manajemen waktu dan uang masih naik turun. Kalo digrafiskan mungkin masih Sinus kadang plus kadang minus. Beberapa kondisi tak terduga kurang mampu saya antisipasi, meskipun demikian setidaknya ada 2+1 kegiatan tambahan (selain nge-blog) yang sudah saya lakukan. Tentang uang sebulan belakang saya serahkan manajemennya ke asisten pribadi.
  2. Membaca baru hampir 2 buku. Rekayasa Sosial lewat Malam Pertama dan Kisah Sukses Google (akan saya resensikan dalam waktu dekat, insya’Allah). Berarti minus 3 buku padahal diklat kemarin ada setidaknya 10 modul yang kalo rajin berarti telah hampir 12 buku terbaca. Sayang memang … tapi setidaknya substansinya sudah saya serap lewat diklat itu.
  3. Alhamdulillah, satu dari tiga hutang sudah lunas. Masih ada 2 lagi yang masing-masing adalah separuhnya. Semoga bulan-bulan ke depan sudah mulai bisa saving untuk segera melunasinya, setidaknya bulan depan yang satu akan saya lunasi, insya’Allah.
  4. Merencanakan bersama teman-teman sebuah toko online. Belum terealisisasi tapi semangat masih ada, so tinggal action-nya saja. Ada tawaran hosting gratis dari Mas Sugito tapi belum tau nanti realisasinya seperti apa, semoga untuk percobaan disetujui teman-teman. Toh kalo sudah launching nanti bisa hosting lagi yang tidak gratis untuk pengembangan dan kemandirian usaha.
  5. Sedang menyusun usulan perbaikan dan pengembangan SIP dan SKT untuk kantor. Masih rajin mengikuti forum komunikasi reformasi birokrasi yang rutin dilaksanakan di kantor dan di waktu luang nyicil bikin PPT dan DOC tentang usulan-usulan tersebut. Sering terkendala kesibukan lain dan terutama kemalasan … penyakit yang dari dulu koq susah hilangnya ya.
  6. Sudah mulai belajar tentang kriptografi modern lewat diklat dan gabung ke forum diskusi. Juga belajar tentang fasilitasi diklat, anggap saja termasuk belajar manajemen organisasi sekaligus me-refresh pengetahuan tentang komputasi paralel karena dipake untuk bahan ajar microteaching saat diklat fasilitator kemarin. Hiks … jadi ingat profesor, buku beliau belum saya kembalikan.
  7. Nah ini dia, hampir sebulan tidak OR. Bulan-bulan kemarin sudah lumayan, minimal senam tiap Jum’at, joging keliling kantor atau ke TMR. Pernah senam pagi di rumah cuma belum berani gabung senam sama bapak-ibu di RT setiap Rabu dan Sabtu. Insya’Allah mulai lagi ah, biar badan fit apalagi bulan-bulan depan mo naik gunung lagi, mesti pemanasan kan. Kalo kuliner sesuai menu rumah aja.
  8. Back to asolah … sedih jadinya karena kondisi maknawiyah sedang sangat menurun padahal pertemuan rutin sudah mulai normal dan malah semakin semangat. Mendapat beberapa amanah dan beberapa PR yang mesti diselesaikan dengan disiplin dan bersungguh-sungguh. Semoga mulai bulan depan (Jumadil ‘Ula) diniatkan mulai lagi shaum sunah dan sholat tahjjudnya. Ya Allah, mudahkanlah …

Pencapaian yang tidak terlalu buruk, meskipun harus divalidasi apakah memang sudah optimal atau belum.

Catatan Penting 5 Bulan Terakhir

Beberapa kejadian ‘penting’ selama awal tahun 2011 terutama yang bisa saya tuliskan di sini adalah:

Sebenarnya banyak catatan penting lain misal terkait Tsunami Jepang, konflik PSSI, gonjang-ganjing PKS, Royal Wedding, dan lain-lain. Tapi mungkin sudah jadi catatan penting buat blogger lainnya jadi saya tidak merasa penting untuk repost di blog ini.

Sementara itu cukup kali ya catatan akhir April ini, semoga review bulanan seperti ini jadi agenda rutin saya di blog ini. Bagaimana dengan Anda, apakah juga sudah me-review pencapaian resolusi Anda di tahun ini?

Iklan

6 thoughts on “Menjelang Akhir April 2011

  1. tulisan yang menarik…bikin evaluasi target biar lebih semangat untuk menjalani hidup

    heheheheh maksi tipsnya, jadi pengen evaluasi target diri sendiri

  2. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://satriyabisniss.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s