10 Bulan Bersama deBlogger, Sebuah Kesan dan Pesan


Judul di atas mirip postingan saya di kompasiana beberapa waktu yang lalu. Ide(al)nya mensukseskan semangat blogger untuk berkontribusi dalam berbagai event, meskipun ide(m)nya juga karena ingin mendapatkan hadiah yang dijanjikan sponsor. Sayangnya tidak berbuah manis (kenapa manis selalu identik dengan kesenangan, hadiah, bonus dll ya?) karena saya tidak sukses mempostingnya tepat waktu (padahal cuma lewat beberapa detik).

Mengenal deBlogger dari event lomba blog Depok

Saya sedang menyelesaikan tugas akhir saya ketika saya mencari penyegaran melalui internet. Sebagai warga baru Depok saya mencari event yang terkait dengan kota Depok, maka saya buka situs resmi pemkot Depok. Subhanallah … “pucuk di cinta, ulam pun tiba”, ternyata saat itu ada event lomba blog Depok (sayang akun hostingnya sudah suspended). Penyelenggaranya Dinas Kominfo Depok, didukung oleh deBlogger|Komunitas Blogger Depok. Nah sampai di sini saya langsung cek ke TKP dan mulai mencoba link-link yang ada di situ. Akhirnya saya membuka situs resmi deBlogger dan mulai berinteraksi dengan adminnya (ngomong-ngomong siapa aja sih adminnya?)

Hanya butuh beberapa hari untuk saya berinteraksi dengan deBlogger sebelum akhirnya saya posting di portal ini untuk pertama kali (dan terakhir kali, gak lah ya insya’Allah). Saya pun bergabung (registrasi) dengan portal deBlogger sebelumnya, karena menjadi persyaratan untuk posting di portal (sebagaimana tersebut dalam PANDUAN POSTING DI PORTAL). Saya cukup puas dengan menjadi anggota pemula yang sudah posting di portal komunitas blogger ini. Selanjutnya saya bergabung dengan milis deBlogger dan mulai berinteraksi dengan penghuninya melalui dunia maya.

Meskipun saya tidak berhasil masuk 4 besar kategori umum di lomba blog Depok seperti juga direportase oleh Om Brad di portal deBlogger berikut, tapi saya tidak kecewa. Saya semakin asyik saja berinteraksi dengan komunitas ini melalui milis hingga akhirnya memberanikan diri untuk datang di kopdar dua babak, meskipun saya cuma ikut di babak pertamanya.

Kesertaan perdana dalam kopdar deBlogger

Pengalaman pertama yang cukup menarik, meskipun serasa begitu singkat jadi perlu pendalaman di kopdar-kopdar berikutnya. Waktu itu bertemu dengan wajah-wajah baru, meskipun sebagian sudah tampak di blog masing-masing maupun di laman facebook-nya tapi lebih banyak yang asing karena ternyata mengenal di dunia maya agak berbeda dengan realita di dunia nyata. Saya saja pake nama abu faqih atau abu4faqih, sedangkan di kopdar mesti memperkenalkan jati diri saya sebenarnya (bukan berarti dua nama tersebut bukan jati diri saya lho).

Babak pertama kopdar deBlogger itu saya sengajakan hadir setelah menghadiri sebuah pertemuan rutin di masjid UI Depok. Langsung menuju TKP di ruko ITC setelah sebelumnya memarkir motor di parkiran toko RB Plus. Menelpon Mas Gito untuk memastikan lokasi kopdar, setelah konfirm langsung buru-buru menuju lokasi karena sudah agak terlambat. Agak ragu-ragu ketika mau memasuki ruko ITC Depok No. 21, tapi sepertinya ada wajah yang tidak asing lagi buat saya meskipun saya agak ragu juga. Itu kan Om Brad, saya langsung mengulurkan tangan untuk menyalami dan masuk ke dalam menyertainya.

Sudah ada 5-7 orang blogger di lokasi, saya hampir lupa tapi dari catatan Opa Iman di facebook, kalo tidak keliru yang sudah hadir waktu itu a.l.: Opa Iman Sulaiman, istrinya Elsi Santi, Unggul Sagena, Rohmat SugitoLianatus Soliha, Hatta, Dvallen, Syarif Furqon berikutnya juga hadir Syaiful dan Zico. Beberapa hal dibicarakan dengan cukup santai termasuk di dalamnya tentang rencana #miladeBlogger2 yang akan dihelat dalam waktu dekat. Sempat mengingat-ingat memori di miladeBlogger1 ketika melakukan kunjungan ke Panti Jompo, sekaligus menyusun beberapa rencana kegiatan ke depan. Cukup menarik, grup yang heterogen, dari berbagai latar belakang yang berbeda, berkumpul untuk suatu tujuan bersama. Saya sempat mengambil gambarnya beberapa, berikut saya tampilkan saja supaya tidak penasaran.

 

 

Partisipasi dan kontribusi di komunitas ini

Sampai saat ini saya belum punya format, mau dibawa ke mana kesertaan saya pribadi di komunitas ini. Selain karena kesibukan kantor, keluarga, dan beberapa organisasi kemasyarakatan lainnya, saya belum punya keluangan waktu yang teragendakan untuk aktif di deBlogger. Jangankan sebagai pengurus, bahkan untuk menjadi anggota yang partisipatif saja mungkin masih diragukan. Saya coba ingat-ingat lagi pa ya sebenarnya motivasi saya ketika bergabung dulu. Saya lupa alasannya, tapi saya masih ingat rasanya, semangatnya (the passion).

Semangat itu yang mendorong saya berkontribusi di portal deBlogger, selalu update status di milis, dan mengikuti kopdar. Beberapa event luar yang menghadirkan perwakilan blogger Depok belum sempat saya ikuti, termasuk Firefox4 Launch Party yang menghebohkan itu. Entah ke depan, apa saya bisa meningkatkan partisipasi dan kontribusi saya di komunitas ini tapi saya optimis salah satu cara saya memberi kemanfaatan (meski sedikit hingga hampir-hampir tak terlihat) kepada masyarakat Depok khususnya adalah dengan bergabung dengan deBlogger. Saya pikir teman-teman deBlogger setuju, kita para blogger bisa membangun Depok lewat tulisan dan kegiatan kita. Insya’Allah.

Saya senang bisa mengenal begitu banyak orang yang punya kesenangan menulis dan berorganisasi. Sebagian besar sahabat blogger saya mungkin adalah teman-teman deBlogger, karenanya saya masih berharap bisa mengenal lebih banyak lagi teman-teman blogger khususnya di Depok ini dan beraktifitas bersama baik online maupun offline. Sayang, kemungkinan besar saya tidak bisa ikut dalam perhelatan #miladeBlogger2 tanggal 25 Juni 2011 besok, karena rencananya kami sekeluarga mo pulang kampung memanfaatkan masa liburan sekolah tahun ini. Salam untuk teman-teman semua, selamat berbahagia menyambut milad ke-2 ini. Sebagai penutup, teriring doa semoga deBlogger semakin besar dan bermanfaat.

Dirgahayu deBlogger, Ayo Majukan Kota Depok!

Refleksi yang dibuat dalam rangka memerihkan #miladeBlogger2 dan disertakan dalam lomba blog #miladeBlogger2

33 thoughts on “10 Bulan Bersama deBlogger, Sebuah Kesan dan Pesan

    1. Begitulah, komunitas blogger pertama. Seperti cinta pertama, tentu sangat berkesan. Bukan begitu Bu? 🙂
      Makasih kunjungannya. Btw, kenal Pak Tisna di BPKP Pramuka gak? Links updated! 😀

    1. Gak terlalu senang juga sih apalagi kalo terlalu sering, kecuali ditemani istri dan anak-anak. Kalo sendirian sering merasa berdosa, makan-makan dan ketawa-ketiwi sedang istri di rumah sedang repot ngurus anak-anak nangis 😦

      1. wow…

        suami yg baik…

        senangya bisa punya suami seperti mas… 😀

        eh…nama Mas di link blogger sdh kuganti.. 😀

  1. memang selalu menyenangkan bertemu teman baru. Abu Faqih is no exception 😀
    sayang tgl 25-26 juni pulang kampung ya? oke, salam buat keluarga di Cimahi ya

    1. Sama-sama Om, nice to be Your friend too. Iya nih, karena kesempatannya cuma waktu liburan sekolah, makasih salamnya … salam juga buat teman-teman deBlogger 🙂

  2. Ada nama saya diatas, salam kenal kembali yaaa, untuk partisipasi dan kontribusi nya koq saya seperti di wakilkan dalam tulisan di atas yaa 😀

    maju terus buat deBlogger.

  3. loh ada nama + photo saya, untuk partisipasi dan kontribusinya saya serasa di wakilkan dalam tulisan di atas. 😀

    Maju terus deBlogger

  4. Tadinya mo ambil satu komen aja, tapi dua lebih baik dari satu kan 🙂
    Yup Len, kopdar termasuk partisipasi. Kontribusinya minimal pasang logo deBlogger di sidebar blog ho ho ho 😀

  5. loh…komennya muncul dua-duanya, yang pertama saya kira ngga masuk… di hapus salah satu juga gpp koq.. hehhehehe… takut di sangka spammer 😀

    1. Begitulah, karena e-mail yang dipakai berbeda ketika memberi komentar sebelumnya jadi masuk pending comments. Daripada saya edit dan approve salah satu mending saya loloskan dua-duanya saja sekalian. Nice spammer tidak ditolak koq di sini, lihat saja daftar sahabat blogger saya 🙂

  6. Mampir perdana di sini #ehperdanabukanya?

    Iya kita memang belum kopdaran lagi nih. Sayang 25-26 ini nggak bisa ikutan. Nanti kita share cerita aja kalau begitu.

    Selamat mudik ya bro 🙂

    1. Kedua kalo gak keliru …
      Iya nih, sayang sekali sudah diagendakan jauh-jauh hari sih 😦
      Makasih, semoga juga MiladeBlogger2 lancar dan sukses 😀

    1. Sepertinya begitu, Mbak. Semoga bisa tetap ikutan, ada livestreaming-nya kan?
      Aamiin. Makasih … semoga acara deblogger-nya juga lancar 🙂

  7. wah, lha kalau pertama kali ikut pertemuan komunitas khan agak gimana gitu, abis ga ada yg kenal. kha kenalnya dari blog… apalagi untuk saya yang tipe pemalu inih, hehehe

    1. Betul betul betul … langkah pertama ragu-ragu, bicara pertama malu-malu. Tawaran ambil makan-minum, serbu … lupa dengan ragu dan malu 🙂
      Gak gitu juga sih, kalo saya mengendalikan pikiran bahwa saya bukan pusat perhatian so … be cool saja 😀

Tinggalkan Balasan

