9/11 – Tragedi dan Hikmah


Postingan ini saya buat Rabu (9/13) tapi saya post di Ahad (9/11) …

Sepuluh tahun lalu, waktu itu saya sedang sendirian di rumah kontrakan Abang saya di bilangan Stasiun Bulan-bulan, Bekasi, saat tiba-tiba muncul breaking news di berbagai stasiun televisi tentang pesawat komersil yang menabrak menara kembar WTC di AS sampai akhirnya gedung pencakar langit itu runtuh, hampir rata dengan tanah. Waktu itu tidak ada yang saya pikirkan, apalagi mengkaitkannya dengan Islam garis keras. Berita-berita selanjutnya memang mengerucut pada serangan oleh teroris yang dipimpin oleh seorang militan Pakistan: Osama bin Laden.

Kini sepuluh tahun berlalu sejak tragedi kemanusiaan itu terjadi. Begitu banyak kontroversi terkait tragedi 9/11, tetapi untuk ummat Islam tragedi itu tidak saja membawa kenyataan pahit akan ancaman AS dan sekutunya terhadap negara-negara muslim tetapi juga memberikan begitu banyak hikmah tidak saja untuk ummat Islam tetapi seluruh ummat manusia. Betapa tidak, pernyataan sikap Presiden George W. Bush tentang balasan terhadap para teroris sebagai “perang suci (salib)” telah memicu perdebatan tidak hanya di kalangan non muslim radikal tetapi juga kaum non muslim yang tidak menganggap Islam sebagai ancaman sebelumnya.

Banyak informasi diperoleh bahwa sentimen negatif terhadap Islam dan kaum muslim setelah tragedi 9/11 yang diikuti dengan serangan militer AS dan sekutunya terhadap Afghanistan, Pakistan dan terakhir Irak selain menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit dari warga AS (yang diterjunkan sebagai pasukan wamil) juga mengubah cara pandang sebagian warga AS dan Eropa untuk melihat lebih dalam lagi tentang ajaran Islam. Tidak sedikit yang kemudian memutuskan untuk berpindah keyakinan, tanpa paksaan dan bukan karena ancaman teror. Ini adalah hikmah …

Saya tidak sedang menulis sikap politik sebagai seorang muslim, melainkan penyikapan terhadap tragedi 9/11 yang sudah sepuluh tahun berlalu dan masih menyisakan PR atas “alasan” pasukan AS dan sekutunya masih bercokol di negara-negara muslim , dengan kaca mata hikmah. Sebagaimana Rasulullah SAW. pernah bersabda tentang keajaiban seorang mukmin, di mana keburukan yang menimpanya akan membuat dia bersabar sedangkan kebaikan atas dirinya akan membuat dia bersyukur, maka tragedi 9/11 sekalipun dapat diambil pelajarannya bagi setiap mukmin.

Saya yakin suatu saat nanti, ketika kebenaran tidak “dipaksakan” oleh negara berkuasa dengan kekuatan militer. Islam akan berjaya, sebagai pegangan hidup yang sempurna di atas agama-agama yang lain dan tidak sedikitpun mengganggu kebebasan setiap manusia untuk memilih keyakinannya bahkan keamanannya pun dijamin. Semoga ini tidak mengganggu siapapun.

Ganti topik tapi masih tentang tragedi dan hikmah. Hari Ahad kemarin, seorang teman berpulang ke rahmatullah: Ferry, demikian kami memanggilnya. Sakitnya telah mengantarkan almarhum kembali pada Sang Pencipta, berakhirlah penderitaannya. Semoga di akhirat nanti kebahagiaanlah yang dia dapatkan. Ini adalah tragedi untuk yang menangisi dan menyesali kepergiannya, tetapi hikmah yang sangat berarti untuk yang menerima dan memohonkan kebaikan untuknya selain juga untuk diri masing-masing karena suatu saat akan menyusulnya. Semoga kita selalu mengambil hikmah.

Selamat jalan, Teman …

Kami insya’Allah akan segera menyusulmu

Semoga kita bertemu di surga-Nya, aamiin.

Iklan

2 thoughts on “9/11 – Tragedi dan Hikmah

  1. Workshop Bisnis Online. Malang, 29-30 Oktober 2011. Peserta terbatas 30 orang. Tempat LAB Statistik FE UIN Malang.

    Materi UTAMA : Membangun TOKO ONLINE, Riset PRODUK, Teknik JITU Promosi dan Marketing INTERNET. Materi TAMBAHAN : Optimasi Blackberry+Facebook+Twitter Untuk BISNIS Online.

    Garansi 1 BULAN Jualan.

    Info Lengkap: http://www.GuruBisnisOnline.com | PIN BB 2310BF87 | 0856 4960 8915.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s