Mendawamkan Tilawah Al Qur-an


image

Aktifitas keseharian yang padat membuat kita seringkali tidak sempat melakukan kegiatan pribadi yang penting. Asop sohibblogger saya pernah memposting tentang mengawali hari dengan semangat berolah raga, nah karena beberapa waktu ini saya sedang safar maka yang seringkali terlewat adalah tilawah Al Qur-an.
Mengapa tilawah penting meski sedang dalam perjalanan? Setidaknya ada 3 alasan, yaitu:
1. Tilawah adalah interaksi pertama (first kind dari four kinds) kita dengan kalamullah. Interaksi ini menjadi penting ketika kita sudah berikrar bahwa Al Qur-an adalah pedoman hidup (way of life) kita. Seperti halnya membaca SOP bagi pekerja, tilawah adalah langkah awal untuk melaksanakan perintah Allah.
2. Tilawah (membaca) adalah kebutuhan kodrati setiap yang berakal. Meskipun membaca bukan satu-satunya jendela informasi bagi akal untuk menikmati ilmu pengetahuan tetapi membaca memegang peranan yang dominan. Membaca adalah cara belajar dan mengajar paling umum dipakai sejak manusia mengenal tulisan sampai sekarang. So, tilawah memenuhi kebutuhan akal kita.
3. Tilawah adalah obat baik bagi fisik, mental, maupun rohani kita. Sudah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa bacaan Al Qur-an memberikan efek positif bagi kesehatan karenanya tidak perlu diragukan lagi tinggal dipraktikkan.
Nah itulah alasan mengapa kita sebaiknya rutin tilawah Al Qur-an meskipun bagaimana sibuknya kita atau sedang safar sekalipun. Bagi saya pribadi tilawah itu ibarat recharging energi baik fisik, mental terutama ruhiyah. Bagaimana dengan Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s