Balada Sebuah Dangau


image

Suatu ketika di hari ulang tahun saya, saat itu saya masih kelas 2 SMA, seseorang memberi saya sebuah hadiah istimewa: kaset nasyid. Saya bilang istimewa karena baru kali itu saya mendapat kado dari seorang gadis yang belum saya kenal dekat. Ada secarik surat kecil bersamanya dan saat saya membacanya di rumah saya masih terbengong-bengong dari mana dia tau tanggal lahir saya ya?

Kaset itu kini telah hilang entah ke mana tapi saya masih ingat Titel dan Penyanyinya: Balada Sebuah Dangau oleh Suara Persaudaraan. Beruntung sekali beberapa waktu lalu saya menemukan laman di internet yang men-share MP3 album tersebut. Salah satu nasyid di dalamnya berjudul seperti sampulnya: Balada Sebuah Dangau. Bait yang masih saya ingat adalah:

Berpondasi takwa, berlantai syariah
Berdinding akidah, berpoles akhlakul karimah
Berjendela bashiroh, berpintukan Islam
Ber-AC Iman, beratapkan Ikhsan.

Tadinya saya nikmati saja syairnya, tapi kemarin saya menyadari bahwa yang saya pahami tentang dangau ini (Bangunan Islam) sedikit berbeda dengan syair di atas. Jadilah experimentally saya mengubah bait tersebut menjadi:

Berpondasi Iman, berlantai syariah
Berdinding ibadah, berpoles akhlakul karimah
Berjendela tarbiyah, berpintukan Islam
Ber-AC Ikhsan, beratapkan takwa.

Mohon maaf kepada grup Saudara Persaudaraan dan pencipta nasyid ini. semoga amal shalih ini membawa keberkahan.

2 thoughts on “Balada Sebuah Dangau

Tinggalkan Balasan

