Mengurus STNK di Samsat Depok


image

Pagi ini saya mengurus perpanjangan STNK ke Samsat Depok. Berangkat jam 8 kurang sampai di Samsat ternyata sudah ramai sekali. Karena kelihatan penuh saya mengikuti petunjuk tukang parkir depan gerbang menuju tempat parkir motor di luar pagar Samsat. Di situ sudah menunggu beberapa orang yang langsung menawari jasa pengurusan satu jam selesai. Saya mengurungkan niat untuk parkir di situ dan memilih untuk membawa motor ke dalam. Ternyata memang saya harus melakukan cek fisik lebih dulu untuk memperpanjang STNK.

Saya parkir motor di antrean cek fisik lalu bergegas menuju loket informasi untuk mencari tau apa yang harus saya lakukan. Dari sana saya menuju tempat fotokopi dan mengkopi STNK, BPKB, dan KTP. Untuk jasa fotokopi ini biayanya Rp 5.000,-. Saya lalu kembali ke antrean cek fisik untuk melakukan cek fisik setelah terlebih dulu bertanya ke loket cek fisik. Cek fisik motor dilakukan oleh petugas tapi untuk urusan buka bodi motor diserahkan pada pemilik motor, untungnya disediakan peralatan lengkap di sana.

Selesai cek fisik saya menuju loket pendaftaran berkas cek fisik menunggu tidak lebih dari 30 menit lalu dipanggil untuk mengambil berita acara cek fisik di loket pengambilan berkas dan membayar Rp 30.000,- untuk biaya cek fisik motor. Petugas kemudian mengarahkan saya ke loket 4 di gedung utama.

Tanpa basa-basi saya langsung menyerahkan berkas ke loket 4 dan petugas menanyakan nomor antrean sehingga saya mesti balik ke loket informasi untuk meminta nomor dimaksud. Berkas diterima dan saya dipersilakan menunggu panggilan kasir. Hampir satu setengah jam berlalu sampai saya dipanggil untuk membayar di kasir. Karena menunggak telat 15 harian saya terkena denda Rp 3.300,- sehingga total saya mesti membayar Rp 378.300,- untuk biaya administrasinya. Dan setelah membayarnya saya kembali menunggu panggilan dari loket penyerahan STNK selama kurang lebih 30 menit.

Karena memperpanjang STNK yang berarti membuat plat nomor baru maka setelah dipanggil untuk mengambil STNK baru saya diarahkan ke bagian cetak plat di sebelah loket cek fisik. Menunggu tidak sampai 15 menit dan plat nomor barupun jadi.

Akhirnya selesai sudah proses pengurusan STNK di Samsat Depok. Saya akan kembali ke sana insya’Allah satu tahun ke depan. Sebagai resume, berikut saya tuliskan alur pengurusan STNK 5 tahun (perpanjangan STNK) di Samsat Depok.

Mulai (niat, Bismillah) -> Fotokopi berkas (STNK, BPKB, KTP) -> Cek fisik di area cek fisik -> Buat berkas cek fisik di loket cek fisik -> Minta nomor antrean di loket informasi -> Serahkan berkas ke loket 4 -> Tunggu panggilan -> Bayar administrasi di kasir -> Tunggu panggilan -> Ambil STNK di loket penyerahan STNK -> Buat plat nomor baru di bagian cetak plat -> Selesai (napas lega, Alhamdulillah)

22 thoughts on “Mengurus STNK di Samsat Depok

  1. bulan ini stnk motor tepat telat 1taon. hebat ya😀
    males karena ngurusnya jauh harus ke Cikarang sana.
    tapi kali mau mencoba ah ngurus sendiri,
    nanti tulisan ini saya print, terus klo di sananya macem2, “saya mau bilang, ini tulisan yg ngalamin di depok lho, jadi klo di sini macem2 nanti tak tulis macem2 … hayooo “:D
    semoga saja prosedur di depok mirip2 sama di cikarang nanti.

    makasi ya mas abu infonya …

  2. Wah di Depok ternyata sudah cukup berjalan dengan manis ya. Cuma 3.5 jam sih menurut saya wajar. Saya belum pernah nih perpanjang STNK soalnya #hehehe

  3. Cepet amat nunggu 15 menit cetak plat nomor langsung jadi… di Cibinong sampe 1 minggu baru jadi, akhirnya sampai sekarang ga saya ambil tuh plat nomor.. hahahaha…

    1. Alhamdulillah ya … Yang penting sabar menunggu dan gak buru-buru, karena yang gak sabar trus minta jalur cepat alias nembak/nyogok. Sayang juga ya kalo gak diambil🙂

  4. Makasih inponya, emang lewat calo lebih gampang tapi akan menyuburkan mental calo. -kcuali yang perlu banget aja he he he-.

    1. Maksudnya, Fuad?

      Blm cukup umur utk buat KTP ya? Ke situ gak mesti krn punya urusan STNK, sbg pengalaman aja boleh koq🙂

      Btw, kenapa blognya dihapus? Atau sdh punya blog baru? Ayo di-share dong😀

          1. Sudah tidak mau menulis blog ini, karena malas.
            Lebih baik adalah situs Blogspot.com saja.
            Maaf juga, situs saya di Blogspot.com pun juga ikut dihapus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s