4 Kebahagiaan Dunia


Siang tadi khotib Jum’at semangat sekali menyampaikan khutbahnya. Sesuai riwayat yang menggambarkan khutbah Jum’at Rasulullah saw: berapi-api, suara keras hingga wajahnya memerah. Alhasil saya yang biasanya terkantuk-kantuk bahkan tertidur saat mendengar khutbah tadi sukses sadar lebih dari 70%.

Temanya tentang kebahagiaan dunia bagi orang-orang beriman (mukmin). Dalam pemahaman Islam tidak salah bila manusia mengejar kesenangan dunia asal tidak melupakan kehidupan akhirat. Artinya, seorang mukmin mencari kebahagiaan dunia yang mendorongnya untuk semakin dekat kepada Allah swt.

Rasulullah saw. bersabda,”4 hal yang termasuk kebahagiaan adalah: istri yang shalihah, rumah yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman.” (HR. Ibnu Hibban)

Istri yang shalihah (suami yang shalih) adalah dambaan setiap manusia normal. Sebagaimana tujuan pernikahan yaitu hadirnya ketentraman (sakinah) maka istri shalihah adalah perhiasan terindah dalam hidup. Kebahagiaan materiil dalam keluarga tiada artinya tanpa kebahagiaan batin (psikologis dan ruhani) yang salah satunya didapat melalui istri yang shalihah.

Rumah yang luas bisa berarti rumah yang besar, banyak kamarnya, lapang halamannya tetapi bisa juga dimaknai sebagai hati yang lapang dan selalu bersyukur. Memiliki rumah yang luas tempat berlindung dan beristirahat menjadi kebutuhan sadar di manapun. Rumah yang luas memberikan ketenangan dan keteduhan bagi penghuninya namun tiada artinya bagi hati yang sempit. Karena hati yang syukur akan merasa lapang meskipun rumahnya kecil dan sempit.

Tetangga yang baik ibarat saudara yang paling dekat dengan kita. Hmmm, bab ini termasuk 30% saat kesadaran saya entah ke mana. Mohon maaf🙂

Kendaraan yang nyaman adalah kendaraan yang bisa membawa kita menuju tempat kerja dengan cepat dan selamat. Juga kendaraan yang bisa membawa keluarga kita pergi ke tempat-tempat kebutuhan dan bersilaturrahim dengan orangtua atau saudara. Kendaraan adalah prestise untuk sebagian orang sehingga tak jarang menjadi ajang untuk berlomba-lomba dan membanggakan diri. Sebaik-baik kendaraan adalah yang dibawa ke tempat-tempat yang baik atau untuk ibadah kepada Allah dan mencari rizki yang halal.

Bila seorang mukmin mendapatkan satu hingga keempat-empatnya maka ia telah mendapatkan kebahagiaan dunia sehingga pantaslah buat ia mensyukuri nikmat itu dengan meningkatkan ibadah kepada Rabb Sang pemberi nikmat. Semoga kita termasuk di dalamnya. Aamiin.

4 thoughts on “4 Kebahagiaan Dunia

  1. istri yang shalihah, rumah yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman
    hmm,,
    istri yang shalihah 95%
    rumah yang luas 60%
    tetangga yang baik 85%
    kendaraan yang nyaman 55%

    *manusia banyak mengeluhnya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s