Memulai Lagi Amalan yang Lalu


Lebih dari 8 tahun yang lalu saya memberikan “seperangkat” buku tafsir Qur-an untuk istri saya. Ya, mahar nikah saya adalah Tafsir Fi Zhilalil Qur-an karya Sayyid Qutb.

Beberapa waktu sesudahnya, kami yang waktu itu masih berdua saja memulai untuk membacanya bersama-sama. Kami membacanya bergantian, saya membaca istri mendengarkan dan kali lain istri yang membaca saya memerhatikan. Entah sudah sampai mana bacaan kami saat itu, yang saya ingat kami memulainya dari Juz 30 dan belum selesai hingga kemudian amalan itu jarang dan semakin jarang kami lakukan.

Tahun ini di milad istri ke-32, saya ingin melengkapi koleksi tafsir kami sehingga “genap” dalam waktu dekat. Sempat hampir tertunda karena dana digunakan untuk keperluan lain, akhirnya pagi tadi baru bisa saya wujudkan ketika istri mengajak ke toko buku untuk membeli buku contoh soal-soal UN. Meski belum lengkap, setidaknya kini kami sudah punya lebih dari separuhnya. Semoga Allah lengkapi koleksinya dan menjadikannya pemandu kami hingga akhir hayat.

Malam ini, ba’da Maghrib, saya dan istri kembali membuka tafsir Fi Zhilalil Qur-an jilid 12, mulai Juz 30, surat 114. Istri saya membacanya sedang saya mendengarkan dengan seksama. Saya seperti belum pernah membacanya dan sungguh luar biasa isinya. Subhanallah, sungguh-sungguh tak bisa dibayangkan saat Sayyid Qutb menuliskannya di balik jeruji besi. Suatu yang benar-benar muncul dari kebeningan hati dan kecerdasan iman.

Satu hikmah sesudah membaca tafsir Surah An-Naas buat saya adalah bahwa perjuangan melawan syetan dan hawa nafsu tidak akan berakhir hingga manusia mati atau datangnya hari kiamat, dan yang mesti saya sadari dengan keimanan adalah bahwasanya hanya Allah saja penolong bagi saya. Semoga saya dan keluarga saya termasuk hamba-hamba-Nya yang selamat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s