Kesulitan ini, ujian atau azab?


Pagi tadi saya mengikuti ta’lim Wisata Hati bersama ust. Yusuf Mansur di ANTV. Mungkin sudah lebih dari sebulan saya berusaha mengikutinya rutin setiap Senin-Jum’at pagi jam 5-5.30 WIB. Meski cuma 30 menit sehari tausyiah penting juga untuk men-charge ruhiyah dan tsaqofah kita.

Hari ini pembahasan masih lanjutan ta’lim beberapa hari sebelumnya yaitu tentang Shalawat. Ayat yang dikupas adalah QS. Al Baqarah (2): 155-157. Ayat-ayat tersebut mengulas tentang keterkaitan shalawat dengan musibah yang menimpa ummat. Nah, menurut ustadz bila seseorang dekat dengan nabinya (bershalawat) maka Allah akan menghindarkannya dari musibah.

Beliau membedakan musibah/kesulitan manusia menjadi dua jenis yaitu ujian dan azab. Yang membedakan keduanya adalah ada tidaknya dosa besar yang dilakukan oleh manusia yang mendapat kesulitan itu. Bila tidak ada berarti ujian, tapi bila ada maka itu adalah azab. Adapun dosa-dosa besar yang dimaksud meliputi menyekutukan Allah hingga ghibah. Jadi apakah suatu musibah merupakan ujian atau musibah dapat dianalisis secara pribadi (self instrospection).

Bagi orang mukmin kedua hal tersebut tidak melepaskannya dari rahmat Allah dengan syarat belum meninggal dan diikuti dengan bersabar atas ujian atau bertobat lalu bersabar atas azab. Keduanya akan mengantar mukmin pada ampunan, rahmat dan petunjuk Allah. Jadi dalam kondisi apapun kita, bershalawatlah kepada nabi agar Allah mencurahkan ampunan-Nya kepada kita, memberikan rahmat-Nya yang tiada terkira sehingga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang mendapat petunjuk-Nya. Aamiin.

2 thoughts on “Kesulitan ini, ujian atau azab?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s