Rasulullah … Shalawat Kami Untukmu!


Hari ini bertepatan dengan tanggal 12 Rabbiul Awwal 1433H, atau Maulid Nabi Muhammad SAW. Lebih dari 14 abad Rasulullah meninggalkan kita, namun sikap, ucapan dan tindakan beliau tak pernah mati terus menuntun ummat beliau hingga kiamat kelak. Sungguh betapa besar jasa dan pengorbanan yang telah Rasulullah berikan kepada ummat manusia, sehingga kini shalawat dan salam tercurah lestari untuk beliau.

Setiap manusia melakukan pencarian jati diri di sebagian bahkan sepanjang umurnya. Mengenal diri dengan kelebihan dan kekurangan, membentuk pribadi dengan nilai-nilai yang diyakini benar. Tak sedikit manusia mengambil contoh dari orang lain baik yang dekat dan dikenal baik maupun yang jauh dan diketahui dari karya atau literatur. Beruntunglah bagi kaum muslimin karena contoh terbaik ada pada Rasulullah SAW nabi penutup para nabi. Sungguh pada diri Rasulullah terdapat suri teladan yang baik.

Adalah termasuk di dalam keimanan, mencintai dan meneladani Rasulullah SAW. Tidak sempurna iman seseorang kecuali ia mencintai Rasulnya melebihi kecintaan pada dirinya sendiri. Mencintai di sini tidak sekedar menyenangi perikehidupan beliau tetapi juga meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali sebagian manusia mengagungkan Rasulullah sedemikian hingga seolah-olah beliau bukanlah manusia seperti kita, padahal beliau menjadi makhluk termulia bukan karena berbeda tetapi karena sama dengan ummat beliau.

Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW tidak sekedar melafazkan kalimat shalawat tetapi benar-benar meresapinya dalam hati dan mengamalkannya dalam perbuatan. Karena Rasulullah diutus ke muka bumi untuk menyempurnakan akhlak manusia, dan karena kita adalah pewaris risalah beliau maka shalawat adalah pernyataan sikap komitmen terhadap Nabi dan kaum muslimin untuk melanjutkan misi Rasulullah tersebut hingga akhir hayat atau dunia ini kiamat.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala alihi wa barik wa sallim.

2 thoughts on “Rasulullah … Shalawat Kami Untukmu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s