Sulitnya Membangun Komitmen


Komitmen adalah suatu keharusan dalam setiap hubungan, baik antara dua manusia, dalam suatu komunitas maupun antara manusia dengan Sang Pencipta. Komitmen berawal dari niat, tumbuh karena kebutuhan atau cita-cita/tujuan, naik-turun oleh dinamika internal-eksternal, dijaga dan ditingkatkan dengan kesetiaan dan pengorbanan. Karenanya berkomitmen tidak mudah untuk orang yang tidak siap menjadi manusia dewasa, bahkan yang sudah dewasa dan berpengalamanpun perlu terus belajar dan berlatih.

Membangun komitmen berarti sepakat untuk menumbuhkan dan menjaganya karena suatu alasan dan/atau untuk suatu tujuan. Bila salah satu pihak berbuat sesuatu yang menyimpang dari kesepakatan maka boleh jadi komitmen yang dibangun susah payah akan hancur atau tidak akan berkembang, akibatnya tujuan tidak tercapai atau tertunda. Komitmen adalah bukti bahwasanya manusia tidak bisa berjalan sendiri mencapai tujuan, ia pasti membutuhkan sesuatu dan/atau orang lain. Kesadaran akan hal ini menuntun manusia untuk menjaga komitmen. Hanya orang tak paham dan orang sombong yang sengaja merusak atau lari menghindari komitmen.

Sifat manusia yang unik membuat usaha membangun komitmen menjadi perkara yang tidak mudah. Perbedaan fisik, karakter, sifat dan lingkungan menimbulkan konflik yang seringkali melemahkan manusia dalam membangun komitmen. Tantangan lingkungan sekitar juga bisa menghambat. Kemauan dan kesadaran kuat sajalah yang akan mengatasinya.

Ketika kita merasa berat untuk bertahan dalam komitmen, itulah saatnya bagi kita untuk melihat kembali jalan yang sudah kita tempuh. Adakah kesalahan yang kita buat atau kelemahan yang kita biarkan sehingga mengganggu kemauan dan kesadaran kita untuk berkomitmen? Bila ada perbaikilah segera.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s