One Day No RiceProgram Pemkot Depok demi Ketahanan Pangan Nasional


Beberapa hari terakhir di laman resmi Pemkot Depok, muncul informasi terkait salah satu programnya: One Day No Rice. Ah mungkin ini bisa menjawab pertanyaan saya dalam posting terdahulu. Ternyata benar, sejak 2009 hingga 2011 sudah muncul perpres dan pergub terkait ketahanan pangan. Di billboard Kementan pun sudah terpampang selama berhari-hari himbauan untuk mengganti beras sebagai bahan makanan pokok dengany bahan yang lain seperti singkong, ubi atau jagung.

image

[/caption]

Meski belum mencari informasi yang valid tentang alasan munculnya perpres, pergub, dan perwakot itu tapi sekilas saya simpulkan bahwa kebutuhan bahan pangan dan persediaannya tidak berimbang alias besar pasak daripasa tiang. Karenanya baik pempus maupun pemda berupaya agar konsumsi beras bisa ditekan semaksimal mungkin, hal ini tentu bertujuan untuk menekan defisit cadangan pangan sekaligus menekan harga bahan pangan pokok. Sesuai hukum ekonomi, harga beras yang naik akhir-akhir ini disebabkan permintaan tetap/meningkat sementara persediaan menurun.

Nah sepertinya saya perlu mencermati ini dan menjadikannya alternatif untuk menekan lonjakan kebutuhan anggaran belanja rumah tangga ke depan. Mengkonsumsi minimal sehari dalam sepekan atau sekali dari tiga kali makan dalam sehari kecuali untuk anak-anak, menjadi program ketahanan pangan/ekonomi keluarga. Sepertinya istri yang ingin punya program diet sehat akan menyetujuinya.

Btw, saya pernah melakukan pembibitan dengan pot tanaman tomat dan cabe di pekarangan rumah. Hasilnya baru saya nikmati baru-baru ini meskipun yang berhasil panen cuma satu tanaman cabe merah keriting saja. Alhamdulillah, tiada usaha kecuali Allah memberikan hasil. Mungkin saya perlu usaha dan do’a yang lebih serius lagi.

image

Sumber: ghiboo.com
Sumber: desasejahtera.org

Saya sebagai warga Depok mendukung program One Day No Rice. Semoga apa yang kita usahakan mendapat ridho Allah sehingga ketahanan pangan khususnya di Depok semakin meningkat. Aamiin.

Bagaimana dengan Anda?

3 thoughts on “One Day No RiceProgram Pemkot Depok demi Ketahanan Pangan Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s