Di Bawah Bayangan Mentari 4 Karakter Manusia Masa Kini


image

Hari yang terik, meski sempat hujan deras tadi. Mentari bersinar di atas genangan-genangan air hujan. Yang di atas itu masih setia, juga menyinari padang Arafah ketika Rasulullah SAW. menunaikan haji terakhir kali (wada’) lebih dari 14 abad lalu.

Khotib Jum’at tadi, ustadz renta yang semangatnya melebihi saya yang mungkin seumuran cucunya, mengingatkan kami tentang pesan Rasulullah pada sahabat-sahabat beliau. Pesan ini terkait masa depan karakter manusia, ummat beliau yang sangat beliau sayangi.

Akan datang suatu masa atas manusia: cita-cita mereka hanyalah untuk kepentingan perut, kemuliaan mereka dilihat dari perhiasan mereka, kiblat mereka adalah wanita-wanita mereka, dan agama mereka adalah uang/harta benda. Mereka itulah sejahat-jahat makhluk dan tidak ada bagian untuk mereka di sisi Allah. (H.R. Dailami)

Bila kita melihat kehidupan manusia sekarang, tampaknya peringatan Rasulullah di atas telah menimpa kita. Sebaik-baik manusia adalah yang memperbaiki kesalahan dengan taubat dan amal sholih. Semoga kita dan anak cucu kita terhindar dari keburukan 4 karakter tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s