Kemampuan Menyimpan Rahasia Bukan Dominasi Kaum Intelijen


image

Sejak manusia mengenal politik dan perang, intelijen menjadi ilmu dan praktik yang terus dikembangkan. Intelijen meski berarti melanggar hukum selalu menarik bahkan hingga film-film intelijen menjadi box office dengan berbagai versinya. Hampir tidak ada yang tak tau James Bond, juga Bourne sosok-sosok agen intelijen yang ahli berantem dan menggunakan berbagai macam senjata.

Yang menjadi jamak bagi penggemar film intelijen adalah bagaimana agen-agen dan bironya memiliki mekanisme khusus untuk menyembunyikan identitas diri dan institusinya dari pihak musuh. Demikian berharganya informasi sehingga Ethan Hunt mesti mempertaruhkan nyawa bahkan kehilangan beberapa anggota timnya untuk menyelamatkan data agen rahasia. Secara umum baik agen maupun bironya dituntut mampu menyimpan rahasia, demi keselamatan diri, instansi dan misi mereka.

Nah di era keterbukaan sekarang ini, hampir semua orang berpendapat bahwa tidak ada lagi yang perlu dirahasiakan. Tetapi ternyata masih banyak orang yang tidak bisa lepas dari menjaga kerahasiaan. Tahukah Anda siapa orang-orang ini?

Kalo Anda mengira mereka adalah agen-agen rahasia (intel) saja maka Anda keliru. Banyak profesi ternyata menuntut kemampuan untuk menyimpan rahasia sebagai etika profesi yang mesti selalu dipegang. Salah satu yang tentu tidak asing adalah dokter. Dokter mempunyai kewajiban hukum atas privasi pasiennya. Hanya perintah pengadilan sajalah yang bisa memaksa dokter untuk membuka rahasia pasiennya.

Beberapa profesi lain yang juga menuntut adanya kemampuan menyimpan rahasia antara lain:
1. Psikolog/psikiater
2. Pengacara
3. Pejabat/pegawai negeri
4. Apoteker
5. Operator komputer
Dan masih banyak lagi, mungkin Anda bisa menambahkannya. Eit tunggu dulu, kenapa operator komputer juga? Iya, karena mereka mesti menyimpan rahasia username dan password dari sistem komputer dan aplikasi yang mereka tangani. So bagaimana, apakah Anda masih yakin bahwa saat ini tidak ada yang perlu lagi menyimpan rahasia?

Jangankan mereka-mereka yang menyimpan rahasia untuk profesionalitas, kita pun tidak lepas dari hal ini. Yang sangat sederhana tentu bahwa sebagian orang menyembunyikan tanggal lahirnya dari orang lain yang tidak dekat dengannya. Sehingga tidak bisa ditolak bahwa kemampuan menyimpan rahasia adalah basic life skill yang mesti dimiliki semua manusia. Bagaimana menurut Anda?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s