C3 | Competency, Commitment, Contribution


Baru-baru ini saya berkesempatan mengikuti pelatihan di bidang psikologi, pematerinya seorang dosen psikologi universitas ternama. Yang dipelajari dan dilatih adalah graphology, kemampuan membaca personalitas melalui tulisan tangan (handwriting). Sangat menarik buat saya, yang tidak punya background pendidikan psikologi, karena ilmu ini menghubungkan karakter visual grafis dengan karakter psikologis pembuatnya. Tapi meski sangat menarik, saya tidak akan membahasnya di sini.

Sudah umum dalam penyampaian materi, pemateri yang kaya pengalaman banyak membahas materi-materi pendukung atau pengembangannya. Meski kadang terkesan melebar tapi sesi menjadi tidak monoton, peserta mendapat pengetahuan dan wawasan baru yang lain selain materi intinya. Salah satu yang saya dapatkan adalah poin-poin penting dalam memilih personil yang akan direkrut, pemateri menyampaikan syarat utamanya adalah C3 di atas.

Kompetensi di sini berarti kemampuan baik kognitif, afektif maupun psikomotorik yang mesti dimiliki oleh personil. Komitmen berarti sikap loyal dan motivasi tinggi personil terhadap organisasi atau sebuah tujuan. Sedangkan kontribusi diartikan peran dan nilai tambah yang sanggup diberikan oleh personil tersebut. Tiga syarat yang secara umum memang perlu diperhatikan oleh penanggung jawab organisasi bila ingin personil yang benar-benar mendorong terwujudnya tujuan organisasi.

C3 untuk sebuah organisasi profit atau birokrasi adalah sesuatu yang mestinya dijamin dengan berbagai dukungan. Bagaimana dengan organisasi non profit? Banyak yang dengan dukungan manajemen cukup baik mampu mengupayakannya, meski tidak sedikit yang mengurangi syarat di atas menjadi dua bahkan satu saja. Kita tentu mengenal istilah “relawan”, yang bagi organisasi non profit menjadi salah satu komponen personilnya. Meski relawan sekalipun diberikan syarat kualifikasi saat perekrutannya, tapi keterbatasan dukungan anggaran sering menjadi faktor yang mengurangi kualitas seleksinya. Saat ini hanya sedikit orang yang mau “bekerja” tanpa bayaran atau dengan upah minim.

Iklan

4 thoughts on “C3 | Competency, Commitment, Contribution

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s