Yang Berjasa dan Yang Berkuasa


image

66 tahun Lemsaneg berdiri memberikan kontribusi bagi negeri ini, begitu indah terukir dalam catatan sejarah. Periode awal di masa perang kemerdekaan dimantapkan hingga akhir masa revolusi, selanjutnya dikembangkan di orde baru dan reformasi saat ini. Telah berlalu kepemimpinan lembaga ini oleh 5 perwira tinggi, masing-masing memberikan warna tersendiri baginya.

Mungkin tinggal sedikit yang menjadi saksi hidup dari kepemimpinan kelima ketua/kepala lembaga ini. Sementara catatan sepak terjang pengabdian mereka mungkin tidak serapi deretan tanggal di kalender. Namun demikian saksi-saksi bisu berupa bangunan, tumpukan arsip dan peralatan menjadi tanda-tanda bagi setiap generasi betapa banyak hal yang terjadi padanya.

Saya adalah generasi yang lahir di masa kepemimpinan B.O. Hutagalung, di saat lembaga belum sebesar dan mungkin belum dikenal seperti sekarang. Masa di mana kemandirian peralatan memudar berganti penggunaan peralatan asing, meski bekas-bekas ketatnya pengamanan internal masih terlihat jelas. Identitas Lemsaneg saat itu sangat kental, sebagian besar pejabat dan pegawainya masih memegang prinsip berani tidak dikenal. Bahkan ada pejabat yang pada tetangganya pun mengaku bekerja sebagai satpam, bukan pegawai lembaga, meski secara maknawi tidak menipu.

Seiring berjalannya waktu, pergantian pimpinan telah mengubah wajah dan isi lembaga hampir secara keseluruhan. Lembaga ini sekarang besar, meski kontribusinya belum signifikan. Siapa saja yang menjadikan lembaga ini besar telah berjasa, sudah pantas bila generasi penerus memberikan apresiasi yang tulus pada mereka baik yang masih ada maupub yang telah tiada. Tinggallah sekarang yang menerima amanah tongkat estafet kepemimpinan lembaga melanjutkan perjuangan para pendahulunya, tidak hanya berkuasa di suatu tapi lebih pada berjasa di sepanjang masa. Semoga …

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s