Ketika Pekerjaan (Tugas) Menumpuk


Terkadang saya dikejar-kejar pekerjaan yang belum terselesaikan, untungnya bos-bos tidak menekan terlalu keras jadi saya masih bisa bernafas. Yang jadi masalah, ketika banyak pekerjaan menumpuk saya jadi sering bingung mesti mengerjakan yang mana dulu. Meskipun pekerjaan-pekerjaan itu tidak harus selesai dalam satu waktu tetapi terkadang pekerjaan yang lebih mendesak dituntut dikerjakan dulu.

Kondisi seperti ini tidak hanya dialami oleh pekerja klerikal seperti saya, bahkan sistem pengolah data seperti komputer juga sering mengalaminya. Bedanya komputer didesain untuk bisa melakukan multitasking sedangkan saya hanya bisa melakukan satu pekerjaan pada satu waktu. Manajemen waktu mungkin adalah solusi tepat untuk masalah ini karena tanpa jadwal bahkan supercomputer sekalipun tak akan menghasilkan apa-apa. Tapi apa yang bisa membantu saya membuat jadwal untuk manajemen waktu ya?

Dulu for the firstest time yang mengajarkan saya membuat jadwal adalah ibu tercinta. Jadwal pelajaran yang ditempel di lemari buku supaya saya tau pelajaran apa saja esok hari. Pelajaran hidup dari sang master lebih dari 25 tahun lalu, sesudahnya hingga kuliah saya masih menerapkannya.

Nah, bagaimana dengan jadwal aktifitas harian? Saya ingat membuat jadwal aktifitas harian sesudah mulai kuliah D3, karena saya tinggal di asrama dengan aturan ketat. Kebiasaan itu berlanjut hingga saya menikah, sayang berhenti sesudahnya kecuali di bulan Ramadhan. Nah terkait jadwal pekerjaan (tugas kantor) saya belum pernah membuatnya. Apakah saya membuat jadwal di agenda secara manual, membuat notes di desktop atau smartphone, atau perlu membuat jadwal dengan aplikasi khusus macam microsoft project? Ada baiknya saya mulai dengan yang sederhana dulu deh.

image

Eh utak atik desktop mo bikin notes malah nemu Niku Workbench. Ini gimana manfaatinnya ya? Belajar lagi 🙂

Tinggalkan Balasan

