Selamat Milad, Faqih!


Sebenarnya milad Faqih sudah 2 pekan yang lalu tapi sayang saya baru sempat menuliskannya sekarang. Semoga suatu saat nanti Faqih paham kalo terkadang abinya sibuk sehingga mungkin perhatian kepadanya dan kakaknya berkurang, tapi saya tidak lupa koq alasan saya bekerja untuk mencari nafkah yang halal untuk mereka. Meski tidak besar, tasyakuran 3 tahun Faqih cukup meriah karena selain mengundang saudara-saudaranya, teman-teman sekitar rumah juga turut meramaikan suasana hari itu.

Istri saya mengatakan kalo Faqih berbeda dengan Fida, kakaknya. Seumur Faqih sekarang, Fida sudah lebih mandiri dan lebih sabar. Waktu itu Fida hampir punya adik, 3 bulan menjelang Faqih lahir, dan Fida sudah TPA. Sejak umminya mengandung, Fida sudah dimotivasi untuk berposisi sebagai kakak dan sejak saat itu ia belajar untuk tidak lagi terlalu bergantung pada umminya. Sedangkan sekarang Faqih masih jadi yang terkecil di rumah dan ia belum TPA atau PAUD, selain itu umminya bekerja di luar rumah agak berbeda dengan saat Fida seumurnya di mana umminya bekerja di rumah. Mungkin itulah sebabnya Faqih masih belum bisa mandiri dan kurang sabar.

Saya bukan sedang membeda-bedakan Faqih dan Fida. Selain karena anak laki-laki tentu berbeda dengan anak perempuan, kondisi kami sekarang bukan tanpa pertimbangan, bisa dibilang semua ini adalah pilihan kami berdua. Karenanya pula saya tidak berusaha menampakkan perbedaan itu di depan Faqih dan Fida, kondisi sekarang jelas tidak bisa disamakan dengan kondisi 3 tahun lalu dan semua berpengaruh terhadap masing-masing kami anggota keluarga ini. Harapan kami yang besar pada Faqih tentu mesti kami wujudkan melalui proses yang tidak mudah, meski demikian saya yakin kami sanggup menjalaninya.

Faqih, abi dan ummimu bangga pada kalian berdua. Kami sadar belum bisa menjadi orangtua ideal dan karenanya kami berusaha memberikan yang terbaik untuk kalian berdua. Sebagaimana do’a yang kami panjatkan di hari miladmu kami sungguh berharap kamu menjadi anak sholih, sehat, rajin dan sabar. Meskipun abi sadar kamu belum paham tapi suatu saat nanti kamu akan mengerti. Selamat milad ke-3, Faqih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s