Hari-hari Tanpa Teve


2 hari ini kami tidak nonton teve karena teve kami kehujanan kemarin, padahal malam ini pertandingan ke-2 Euro 2012. Hadoh … jadi gak bisa ngikutin pertandingannya tapi ada sisi positifnya, saya dan anak-anak jadi tidak terlalu sering nonton teve. Meski yang ditonton siaran yang informatif, terlalu banyak nonton teve dipercaya bisa menimbulkan beberapa efek negatif.

Yang terakhir saya baca di media adalah tentang efek nonton Sponge Bob bagi anak-anak. Menurut beberapa peneliti, efek negatifnya adalah mengurangi kemampuan memori pendek alias anak jadi susah menghafal. Wah, padahal Fida paling senang film kartun ini. Tapi terakhir lomba menghafal surat pendek di TPA-nya Fida juara satu, berarti kalo Fida gak nonton Sponge Bob mungkin hafalannya bisa lebih banyak dan lebih cepat. We’ll see …

Buat saya nonton teve memang memberikan pengaruh sangat besar. Yang saya rasakan antara lain:
1. Malas, ini tidak terkait dengan kerja atau ibadah tapi dengan hobi lain. Saya cenderung jadi malas membaca, belajar ilmu kuliah, atau ilmu pekerjaan mungkin karena lebih nyaman nonton teve.
2. Sulit memenej waktu, terutama untuk kerjaan rumah. Seperti menyelesaikan mengecat pagar rumah, memperbaiki rel korden, dll. tertunda karena sepulang kantor lebih asyik nonton teve.
3. Boros, selain biaya listrik untuk nonton teve juga boros waktu. Meskipun beberapa bulan terakhir kami sudah jalankan program mematikan teve jam 6-8 malam tapi nonton teve sampe lewat tengah malam lalu nyala lagi mulai jam 5 masih cukup konsumtif.
4. Anti sosial, meski gak parah-parah banget tapi buat bapak-bapak yang suka “jagongan” saya termasuk yang tidak aktif alias anti sosial. Itu gak terlalu penting, komunikasi dengan keluarga jelas lebih utama ketimbang nonton teve kan.

Entah sampe kapan teve kami cuti, tapi saya sendiri seperti lebih senang sementara tanpa teve meski saya dan anak-anak mungkin sedang merasakan sakau terhadap siaran teve 😉

6 thoughts on “Hari-hari Tanpa Teve

  1. ….saya udah mulai biasa gak nonton TV. Habisnya tipi di kontrakan saya sekarang cuma bisa nangkep dua saluran doang, trans7 ama satu tipi lokal. Gambarnya ga bagus pula. 😦
    Mending ga nonton sama sekali.

Tinggalkan Balasan

