30 Hari Meniti Iman (Hari 8)


Malam
M-BM-I-BI-T.20-W.3-TJ.8

Saya sering bertemu orang yang sukses dalam hidupnya, sebagian sudah merasa cukup sedang yang lain masih terus mengejar impiannya. Yang paling membuat saya iri adalah orang-orang yang mempunyai keahlian/ketrampilan tertentu yang terus dikembangkan dan memberi banyak kemanfaatan untuk orang lain. Saya sendiri merasa tidak punya hal semacam itu dan belum ada indikator sudah sukses dalam hidup. Sebenarnya saya bukan tipe orang yang tidak bersyukur atas kondisi yang sudah saya capai cuma begitu banyak nikmat yang belum saya imbangi dengan suatu kontribusi konkrit bagi peradaban.

Saya yakin Allah SWT. telah menyiapkan skenario bagi setiap manusia dan menjadikan kehidupan orang-orang terdahulu sebagai pelajaran bagi orang yang berakal. Karenanya setiap manusia akan mencapai titik puncak dalam kehidupannya lalu berlalu untuk dikenang atau dilupakan. Hanya orang-orang yang menemukan rahasia kehidupan sajalah yang akan mencapai puncak di mana sesudah kematian/kepergiannya kehidupannya akan dikenang bahkan hingga hari kiamat kelak. Saya tidak sedang berbicara tentang buku/film The Secret karena bahkan saya belum pernah membaca lengkap bukunya atau menonton filmnya. Saya juga tidak sedang membicarakan tentang lelucon orang-orang yang saya kenal tentang menemukan rahasia kehidupan yang membuat mereka menggenggam dunia.

Rahasia kehidupan itu dalam benak saya seperti sebuah keping yang cocok dalam suatu susunan puzzle raksasa yang bahkan mungkin kita tidak tahu sebesar apa. Biasanya puzzle akan memberikan clue tentang keping yang cocok ketika sudah bisa tergambarkan secara abstrak bentuk yang akan terwujud. Nah ada dua cara untuk mengetahui bentuk itu yaitu dengan menyusun seluruh keping hingga puzzle lengkap atau dengan melihat petunjuk yang umumnya disertakan bersama puzzle itu meski dalam ukuran mini. Kalo Anda memilih mana untuk menemukan keping yang cocok, cara pertama atau kedua?

Siang
T.2-D.4-QD-4-D-BD.2-A-TJ.8

Masih tentang rahasia kehidupan, sudahkah Anda menemukannya? Bila cara pertama jadi pilihan boleh jadi kita akan menghabiskan seluruh energi kita untuk bisa menemukan keping yang cocok itu tapi bila cara kedua yang dipilih besar kemungkinan kita tidak akan kepayahan menemukan keping itu. Sayangnya ada sebagian manusia yang begitu sombong untuk memilih cara kedua sehingga memilih cara pertama, padahal puzzle itu baru lengkap saat kiamat nanti. Dan taukah Anda apa petunjuk dari puzzle kehidupan yang akan memberikan clue untuk menemukan rahasia kehidupan itu? Jawabannya adalah Islam.

Mungkin Anda termasuk orang-orang yang sukses dan telah menggenggam dunia? Atau Anda masih seperti saya yang bahkan belum menemukan sesuatu untuk meraih kesuksesan hidup? Belum terlambat untuk menemukan rahasia kehidupan Anda melalui Islam, melalui 2 pedomannya: Al Qur-an dan As Sunnah. Pun bila kita sudah merasa menemukan keping cocok itu tanpa petunjuk tidak ada salahnya untuk mengujinya apakah keping itu sesuai atau tidak. Karena hanya orang sesombong iblis sajalah yang menolak petunjuk meski dia tau keping itu tidak cocok.

Masih ada 20-an hari lagi di bulan suci ini untuk kita semakin meyakini apa yang kita pilih. Karena setiap pilihan menimbulkan konsekuensi dan hanya orang-orang beruntung sajalah yang mendapat hidayah untuk memilih petunjuk-Nya. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung itu. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

