Syawal Tinggal 7 Hari Lagi, Sudah Puasa Syawal Belum?


Rekan muslim yang berbahagia, ada satu amalan yang disunnahkan Rasulullah SAW di bulan Syawal ini. Puasa atau shaum sunnah Syawal selama 6 hari. Keutamaannya adalah seperti puasa setahun penuh. Sebagaimana HR. Muslim, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti puasa di bulan Syawal selama 6 hari maka dia berpuasa seperti setahun penuh.”

Puasa Syawal baru boleh dimulai pada 2 Syawal sebab di hari Idul Fitri diharamkan berpuasa. Sebagian kaum muslimin memulainya di awal Syawal selama 6 hari berturut-turut sehingga di pekan I sudah selesai puasa sunnah dan mensyukurinya dengan lebaran ketupat. Merayakan kemenangan atas hawa nafsu selama sebulan penuh sekaligus mengharapkan pahala puasa setahun penuh dari Allah SWT.

Dulu waktu saya masih sangat belia, saya pernah mengikuti kakak untuk melaksanakan puasa Syawal di awal bulan. Saat itu berbarengan dengan waktu untuk kami bersilaturrahim ke tetangga-tetangga komplek mengingat hari pertama biasa kami lewatkan bersama keluarga besar di rumah nenek. Waktu itu ketika makanan dan jajanan lebaran masih banyak melaksanakan puasa sunah adalah perjuangan tersendiri, bahkan saat ini puasa Syawal di awal bulan tetap bukan amalan yang ringan. Bagaimana dengan Anda?

Nah, masih ada kesempatan buat rekan-rekan muslim yang belum melaksanakan puasa sunnah Syawal. Bagi muslimah, khususnya yang masih punya utang puasa tidak perlu khawatir tidak bisa puasa sunnah Syawal karena belum membayar utang puasa wajibnya, silakan puasa sunnah dulu hingga Syawal berakhir selanjutnya bayarlah utang puasa Anda di bulan-bulan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s