3 Hal dalam Wasiat Nabi SAW


Khutbah Jum’at kemarin saya bertemu lagi dengan ustadz sepuh yang energik. Saya jadi lebih semangat mengikuti sehingga prosentase kantuk pun bisa ditekan. Lagi-lagi tema yang diangkat adalah hal-hal yang mendasar bagi orang-orang beriman. Disarikan dari wasiat Nabi Muhammad SAW kepada para sahabat RA. Berikut ringkasannya.

3 Hal dalam Wasiat Rasulullah SAW
Pertama, Rasulullah mewasiatkan pada para sahabat untuk bertaqwa dengan sebenar-benar taqwa. Kita sering mendengar ini diwasiatkan oleh khotib dalam khutbah Jum’at tapi sedikit orang yang mampu melaksanakannya. Gambaran Ali KW tentang sebenar taqwa adalah takut kepada Allah, melaksanakan perintah dalam Al Qur-an, mempersiapkan diri untuk meninggalkan dunia, dan merasa cukup dengan hidup sederhana.

Kedua, Nabi mewasiatkan agar para sahabat menegakkan jihad. Jihad tidak hanya diartikan mengangkat senjata melawan musuh-musuh Allah tetapi juga diartikan dengan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan perintah-perintah Allah SWT (mujahadah). Bila sebagian orang berpikir jihad dapat dilakukan dengan menjadi pelaku suicide bomb, maka arti jihad yang sesungguhnya lebih luas dari.

Yang ketiga, para sahabat Nabi diwasiatkan untuk memperbanyak dzikir dengan tilawatil Qur-an. Sebagaimana disebutkan dalam Al Qur-anul Karim bahwa hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang, dzikir menjadi hiburan utama bagi seorang mu’min. Sebaik-baik dzikir adalah tilawah Al Qur-an, karena kitabullah ini memberikan peringatan sekaligus kabar gembira bagi ummat manusia.

Wasiat ini tidak hanya untuk sahabat Nabi semata melainkan juga bagi ummatnya termasuk kita karena Islam adalah agama universal yang ajarannya tidak mengenal ruang dan waktu. Sepatutnya kita mencermati wasiat Rasulullah SAW, orang yang mencintai ummatnya hingga akhir hayatnya meski orang-orang kafir, orang-orang fasiq, dan orang-orang syirik memusuhinya. Tidakkah kita ingin di akhirat nanti disebut sebagai pengikutnya?

One thought on “3 Hal dalam Wasiat Nabi SAW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s