Ketika Ujian Itu Datang


Manusia hidup di dunia karena satu alasan … nikmat Sangkhalik atas ruh yang dihembuskan pada janin dalam rahim ibunya. Dan manusia wafat karena satu alasan pula … nikmat Sangkhalik atas ruh dalam jasadnya di dunia telah habis dan saat kembali ke alam gaib. Nikmat hidup diberikan Allah bagi manusia untuk satu tujuan … pengabdian total kepada-Nya. Dan kesempatan itu bagi Allah diberikan-Nya untuk satu tujuan pula … menguji siapa manusia yang beriman dan yang tidak. Dan inilah rahasia kehidupan …

Ujian bagi manusia dimulai saat ia lahir dari rahim ibunya, ada yang lulus dan ada pula yang gagal. Tidak sedikit bayi meninggal saat dilahirkan, banyak pula yang meninggal beberapa saat sesudah lahir. Yang meninggal sebelum baligh tidak menanggung hasil ujiannya dan menjadi bonus bagi orangtuanya kelak. Sedangkan yang bertahan hingga dewasa berarti lulus ujian persiapan dan masuk ke ujian inti. Di mana-mana ujian persiapan tak pernah lebih sulit daripada ujian inti bukan?

Orang-orang beriman yakin setiap perbuatan akan diberi balasan, setiap kejadian adalah ujian. Hidup di dunia ibarat permainan yang menipu, melelahkan bahkan kadang menyakitkan. Meski begitu hanya orang-orang beriman saja yang memandang baik setiap kondisi. Kesulitan maupun kemudahan menjadikan mereka ingat pada Sangkhalik, membentuk mereka menjadi pribadi yang sabar lagi bersyukur.

Berbeda dengan orang-orang yang kufur yang lupa atau ragu-ragu dengan kehidupan sesudah mati. Dunia adalah kesempatan untuk mendapatkan sebanyak-banyak kesenangan, tak peduli menghalalkan segala cara. Kesulitan adalah kesialan bagi mereka sedangkan kemudahan dianggap sebagai hasil jerih payah sendiri. Satu-satunya ujian bagi mereka adalah saat ajal sudah menjelang atau telah menimpa keluarga mereka.

Jadi siapkah kita menghadapi ujian?

2 thoughts on “Ketika Ujian Itu Datang

    1. Yang artinya: “Apakah kamu mengira akan masuk surga padahal belum datang ujian seperti yang diberikan pada orang-orang sebelummu.”

      Semoga kita selamat dari hal demikian ya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s