Masjid di Mana Saja


image
Masjid kantor Gubernur Sulsel

Sudah menjadi kebiasaan manusia melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Manusia mencari kebutuhannya mulai yang primer hingga yang tersier, mencari dari tempat terdekat hingga tempat yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Seperti saya yang melakukan perjalanan hingga pedalaman Kalimantan Barat beberapa tahun yang lalu. Sedikitpun tidak pernah saya membayangkan berjalan kaki di tengah hutan di tengah malam hingga sampai di Pos Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kampung Jasa. Kondisi malam yang gelap cukup meyakinkan naluri bahwa saya sedang berada di tengah hutan perawan Kalimantan, suatu kondisi yang menciutkan nyali terlebih bila yang terbayang adalah hewan-hewan buas yang berkeliaran. Persepsi kengerian itupun pupus ketika matahari terbit keesokan paginya ketika saya melihat dengan mata kepala sendiri daratan Malaysia dari atas bukit di tengah hutan itu. Hutan Kalimantan sudah tidak perawan, pohon-pohon yang ada umurnya belum terlalu tua dan hewan liar jarang saya temui. Yang ada malah cukup miris, hutan dibakar di mana-mana untuk dijadikan ladang oleh para petani berpindah.

image
Masjid kantor saya

Sebenarnya bukan itu yang ingin saya bicarakan, cuma sekedar berbagi cerita tentang singgah di tempat yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Seperti halnya sekarang, tinggal di Depok dan berbelanja bulanan di mal-mal Margonda adalah hal yang tidak terbayangkan bahkan ketika saya kuliah di Bogor dan selalu lewat di Stasiun Depok Baru atau naik angkot melewati Jalan Arif Rahman Hakim dulu. Memang hidup adalah rahasia Illahi, kita tidak akan pernah tahu sampai sejauh mana kaki ini akan melangkah dan berakhir nantinya. Karenanya, sesuai keyakinan saya sebagai seorang muslim, dalam setiap perjalanan yang tidak pernah terlupakan adalah berdo’a memohon perlindungan kepada Allah SWT. Sholat 5 waktu adalah fasilitas yang Allah berikan untuk kita secara khusus mengadukan masalah-masalah kita dan memohon diberikan jalan keluar. Beruntunglah orang-orang yang mau memanfaatkannya selagi bisa, dan merugilah orang-orang yang mengabaikannya.

image
Masjid di salah satu hotel di Cilandak

Nah, tempat yang selalu ada dalam benak saya ketika dalam perjalanan adalah masjid. Mengapa masjid, bukankah kita bisa saja sholat di rumah atau di tempat tujuan ketika sudah sampai? Memang masjid bukan satu-satunya tempat yang boleh digunakan untuk melaksanakan sholat, tapi masjid dibangun dan disediakan khususnya untuk sholat. Masjid yang secara harafiah berarti tempat bersujud memang tidak melulu berupa bangunan megah dengan kubah menjulang, terkadang ia hanyalah sebuah ruangan kecil di pojok gedung dan biasa orang sebut dengan musholla. Memang secara umum istilah “masjid” digunakan untuk tempat sholat Jum’at, sedangkan tempat sholat yang lebih kecil dan tidak digunakan untuk sholat Jum’at sebagai musholla. Meski fungsi utamanya sebagai tempat ibadah muslim, masjid juga digunakan orang-orang dalam perjalanan untuk beristirahat. Jadilah terutama di siang hari kita jumpai sebagian masjid dipenuhi orang-orang yang tidur atau sekedar rebahan setelah sholat Dzuhur berjama’ah.

image
Pertokoan berdesain masjid

Teringat oleh saya masjid-masjid yang sering saya singgahi ketika dalam perjalanan dulu. Misalnya musholla stasiun Depok Baru, kini kondisinya jauh lebih baik dari saat saya sering beristirahat menunggu KRL dulu. Juga masjid di Jl. Arif Rahman Hakim yang sekarang begitu megah, tidak seperti dulu yang kelihatan kuno dan suram. Beberapa masjid yang saya singgahi sempat saya posting di sini meski saya tidak ingat apa saja, tapi belum habis keinginan saya untuk mengumpulkan sebanyak-banyak cerita dan foto tentang masjid di setiap tempat yang saya kunjungi. Saya berharap suatu saat nanti membuat blog khusus tentang masjid-masjid yang saya kunjungi sekaligus menampilkan desain masjid yang saya impikan. Insya’Allah …

Tinggalkan Balasan

