Memilih Gadget Android Dual-On


M3-I4.2-T1-S2-2D4.2-A4-T2

image
Mushaf Al Qur-an dengan terjemah

Belajar Tahsin (1)
Tahsin menurut bahasa berarti memperbaiki, sedangkan menurut istilah berarti membaca Al Qur-an dengan benar sebagaimana bacaan Rasulullah saw. dan para sahabat ra. dengan mengeluarkan huruf dari tempat keluarnya (makhraj), mengerti sifatnya, dan memahami hukum bacaan serta tempat berhentinya (waqaf). Tahsin dalam praktik hukumnya wajib pribadi (fardhu ‘ain) sedangkan mengerti teorinya wajib kolektif (fardhu kifayah).

Secara umum ada 2 kesalahan bacaan:
1. Kesalahan Jalli (berat); meliputi kesalahan huruf, harokat, dan panjang-pendek. Kesalahan ini bisa mengubah makna kata/kalimat.
2. Kesalahan Khaffi (ringan); meliputi sifat kurang, kurang panjang, hukum bacaan kurang, dan tafhim/tarqiq kurang. Kesalahan ini tidak mengubah makna kata/kalimat. Meski berbeda sebaiknya dalam praktik membaca Al Qur-an dua kesalahan ini dihindari.

Bersambung ke Belajar Tahsin (2)

Memilih Gadget Android Dual-On
Beberapa hari terakhir sohib di kantor sibuk membuka laman-laman penawaran gadget Android. Tampaknya virus andromania sudah menyebar luas di kalangan rekan kantor, tidak terkecuali saya. Meski sudah setahun lebih saya memakai hp Android, sensasi gadget Android layar sedang (4-7″) dan lebar (10″) masih sering mengusik saya. Kebetulan sohib sedang nyari itu, saya ikutan aja nimbrung untuk mendapatkan perbandingan plus-minusnya.

Ternyata makin lama harga gadget Android semakin bersaing. Seperti barang-barang elektronik pada umumnya produk yang sama harganya semakin murah seiring munculnya produk-produk baru dengan spesifikasi yang lebih bagus. Konsumen seperti saya dan sohib kantor jadi terbuai dengan begitu banyak penawaran menarik gadget Android yang ada termasuk yang di-bundling dengan nomor perdana. Sementara saya masih konsisten pada pilihan merek ketimbang harga, tapi bukan tidak mungkin saya akan tergiur mengambil yang kedua apalagi diberikan gratis he he he …

Beberapa bulan lalu saya memutuskan membeli hp dual-on baru untuk menggantikan hp saya yang kondisinya sudah memprihatinkan. Sebelumnya saya sempat mencari hp Android yang dual-on. Ada beberapa sih seperti Samsung Galaxy Duos, Sony Xperia tipodual, dan HTC Desire VC. Dua yang pertama dual sim (GSM) sedangkan yang terakhir dual sim-ruim (GSM-CDMA). Sayangnya saya tidak punya cukup uang untuk sekedar mengganti hp dual-on saya. Akhirnya pilihan jatuh pada Samsung SCH-WW139, dual GSM-CDMA dengan fitur minimalis dan harga yang pantas. Meski saya agak kurang puas dengan fiturnya yang tidak bisa mengakses internet, ketahanan baterainya yang bisa sampai sepekan membuat saya nyaman membawanya ke mana-mana tanpa khawatir lowbat.

Sekarang, kalo memang ada rezeki pilihan akan mengarah pada gadget dual-on atau gadget ukuran besar sebagai pengganti hp Android ini. Menurut Anda mana yang lebih pantas dibeli?

9 thoughts on “Memilih Gadget Android Dual-On

    1. Gak apa-apa, Mora. Saya pake Android lebih karena keinginan Fida punya hp “mirip iPhone” koq. Tapi belakangan saya mendapat keuntungan dari sisi kemudahan berkomunikasi secara “konvergen” melalui Android🙂

        1. Konvergensi di sini artinya apapun platform komunikasi yang digunakan (GSM, CDMA, IP based) bisa saling terhubung seolah tanpa batas terlebih dengan adanya variasi jejaring sosial🙂

    1. Tergantung kartu yang dipake aja. Karena waktu itu pake simPATI sama esia jadi nyarinya yang dual GSM-CDMA. Tapi berhubung buat internetan ini sudah pake 3 jadi yang dual GSM-GSM juga OK.

      Kenapa pindah dari BB ke Andro?🙂

        1. Utk pilihan nomor bebas kali ya. Saya memilih simPATI dan esia karena yang kesatu memang nomor pegangan sdh lama (hadiah sohib) dan yang kedua pemberian sahabat juga (biar murah ditelpon lokal).

          Trus nambah satu nomor 3 buat internet karena selain paketnya murah juga buat nelpon ke mana aja tarifnya flat Rp 99,-/menit. Silakan aja, sekarang biaya telpon dan internet semakin murah kan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s