Flat atau dengan Style?


M3.2-I4.2-T1-2.S2-Z4-A4

image

Melibatkan diri dalam pekerjaan kata seorang dosen gurublogger mesti totalitas, istilah kerennya bekerja dengan hati. Yang repot adalah ketika melakukan pekerjaan yang bukan bidangnya atau bekerja hanya untuk alasan mencari nafkah, mungkin hasilnya akan seperti yang diinginkan tetapi prosesnya tidak dinikmati alias tidak memberikan nilai tambah. Seseorang yang bekerja sebagai sekretaris misal dengan sigap mengetik konsep surat yang diminta bosnya tanpa mengerti isi surat yang dibuat. Ini berbahaya karena potensi intelektual saja yang dikembangkan di situ, emosional dan spiritualnya mungkin tidak bertambah apa-apa.

Kita mungkin sering terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang “memaksa” kita untuk bekerja “tidak dengan hati”. Meskipun pekerjaan itu sesuai dengan bidang yang kita kuasai, rutinitas membuat pekerjaan dilakukan flat saja sesuai SOP tanpa style atau sense of art. Padahal style itulah yang memberikan kepuasan kerja bagi kita yang boleh jadi juga berimbas pada kepuasan user yang kita layani. Saat ini banyak orang mencari produk (barang dan jasa) tidak hanya dari fungsi atau manfaat yang diharapkan darinya tetapi juga karena mempunyai nilai tambah.

Tapi buat yang bekerja di sektor pemerintahan style kadang jadi masalah. Bos yang jadi user pertama sebelum user-user berikutnya atau bahkan user utama mungkin akan berbeda penilaian terhadap style bawahannya. Boleh jadi style itu akan mengganggu karena bos mungkin tidak suka dengan style dan lebih memilih untuk flat sesuai SOP. Bagaimana dengan pekerjaan Anda, apakah flat ataukah dengan style?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s