Apa Bedanya di Rumah Ortu dan Mertua?


MI3.2-S2-Z4-A4

Kami turun di Purworejo lalu sarapan dulu di terminal sebelum lanjut ke Magelang. Kondisi istri yang kurang fit memaksa kami menuju ke rumah ortu istri meskipun rumah ortu saya lebih dekat. Alasannya istri lebih nyaman ketika butuh orang lain untuk merawat sakitnya sekaligus merawat anak-anak kami. Istri merasa tidak enak jika tidak melakukan apa-apa di rumah mertua, beda dengan jika di rumah ortu. Saya pikir mestinya gak harus begitu, bukankah mertua itu ortu kita juga.

Menjaga image itu tidak berarti harus terlihat perfect bukan? Untuk orang-orang yang sudah mengenal kita apalagi keluarga kebiasaan kita adalah sikap terbaik kita yang mereka mesti pahami. Kalo kita tidak biasa kerja keras di rumah atau cenderung santai, tidak perlulah berubah menjadi rajin saat berada di rumah mertua. Kalo dulu waktu PDKT ke anaknya (calon istri) mungkin jaim secara positif gak apa-apa lah tapi kalo sudah jadi mertua (ortu juga) buat apa? Yang terbaik memang sikap yang berbeda (lebih baik) itu kita pertahankan sehingga jadi kebiasaan kita so tidak ada kesan dibuat-buat tetapi suatu perubahan/peningkatan yang diniati.

Perasaan berbeda itu bisa menimbulkan masalah di suatu saat. Keluarga tidak selalu dalam kondisi baik-baik saja, terkadang ada persoalan terkadang ada hal yang mengganjal. Saat suami-istri terlibat perselisihan atau sekedar perbedaan pendapat maka pihak terdekat yang bisa menjadi penengah (mediator) adalah orangtua masing-masing. Buat sebagian orang mertua tidak dianggap sebagai orang yang bisa dipercaya keadilannya dan buat saya itu masalah. Meski kualitas orangtua berbeda-beda, ketika kita tidak menutup-nutupi atau mencari pembenaran atas kesalahan maka mertua sekalipun adalah pihak yang berhak memberikan pertimbangan. Jadi menurut saya meski memang lebih nyaman di rumah ortu (karena lebih terbiasa) tidak ada bedanya di rumah ortu atau mertua. Keduanya mesti kita nikmati dan kita syukuri dengan sikap terbaik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s