Pekerjaan Rumah, Pekerjaan Laki-laki


M3-I4-2S2-Z4.2-A4

Beberapa hari lalu saya kembali lagi harus berurusan dengan pengering mesin cuci yang mogok beroperasi. Alasannya masih sama, tali pengatur penahan laju mesin putus sehingga mesin tidak bisa berputar. Saya pun kembali mengganti tali itu untuk ke-3 kali. Masalah yang saya alami ini mungkin juga dialami para pengguna mesin cuci dua bak lain. Meski usia mesin cuci kami belum sampe 3 tahun tapi kondisinya cukup memrihatinkan. Meski mesin penggiling (pencuci -red) dan mesin pengeringnya belum pernah rusak, kondisi pintu, knop pengatur, tali dan baut cukup jelek. Pintu, keduanya sudah tidak nge-per lagi karena per-nya karatan dan lalu patah. Knop pengatur sudah diganti sekali karena otomatisnya tidak berfungsi. Tali dan baut yang terbuat dari kawat dan besi juga berkarat dan tali pun putus.

Berikut yang saya lakukan untuk mengganti tali pengatur penahan pengering mesin cuci saya:

1. Menyiapkan bahan pengganti dan peralatan yang dibutuhkan
Peralatan yang dibutuhkan untuk membereskan pengering mesin cuci adalah obeng mata kembang dan gunting. Bahan pengganti tali pengatur adalah senar. Bahan lainnya adalah oli untuk melancarkan mesin pengering.

image
Bahan dan peralatan yang dibutuhkan

2. Membuka panel atas dan tutup mesin belakang
Panel atas berisi knop pengatur, juga kumpulan perangkat pengatur lainnya salah satunya pengatur laju pengering. Setelah panel dibuka saya bisa mengetahui kondisi knop dan perangkat pengatur.

image
Perangkat pengatur laju mesin pengering
image
Tali pengatur mesin pengering

3. Mengganti tali pengatur dan mengetes mesin pengering
Langkah selanjutnya adalah memasang senar pada perangkat pengatur laju mesin pengering lalu mengetes fungsinya. Ada plat berlubang yang digunakan untuk menyesuaikan kencang-kendur tali. Tali ini sebenarnya adalah pengaman sehingga mesin pengering hanya bisa berputar ketika pintunya dikatupkan. Sesudah memasang langkah selanjutnya adalah mengetes fungsi tali dengan menyalakan pengatur waktu pengering dan menutup pintunya. Bila sudah berfungsi maka pekerjaan hampir selesai.

image
Tali telah terpasang pada perangkatnya
image
Plat adjustment tali pengatur
image
Tali dan plat terhubung dengan pengunci mesin pengering

4. Menutup panel dan tutup belakang
Langkah terakhirnya adalah menutup kembali panel dan tutup belakang mesin pengering. Akhirnya pekerjaan pun selesai.

Ini adalah satu dari banyak pekerjaan rumah seperti mengganti saklar lampu, mengganti partisi ruangan, menutup kebocoran atap dan lain-lain. Dan inilah yang saya sebut sebagai pekerjaan laki-laki. Ada yang tidak setuju? #Postingan yang kemarin masih di local draft.

4 thoughts on “Pekerjaan Rumah, Pekerjaan Laki-laki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s