Zuhud dan Qonaah


M3-I4.2-2S2-Z4.2-A4

Keduanya adalah sifat yang melekat dengan kehidupan sebagai akhlak kita pada dunia. Dunia bisa menjebak kita sehingga perlu diantisipasi. Begitu mudahnya mendapati dunia bisa melupakan kita dari akhirat.

Islam tidak melarang kita untuk mengejar dunia tapi dengan tetap memerhatikan akhirat. Dunia bukan sebagai tujuan melainkan sebagai antara atau lahan untuk kehidupan akhirat. Tabi’at dunia itu perhiasan yang membahagiakan maka sering membuat manusia lupa. Rasulullah bersabda “Zuhudlah kamu pada dunia niscaya Allah akan mencintaimu dan zuhudlah pada apa yg dikejar manusia maka mereka akan mencintaimu”. Hal yg dikhawatiri beliau atas manusia adalah terbukanya pintu2 rizki (kenikmatan) dunia.

Kita perlu menerapkan sifat zuhud yaitu menguasai dunia tanpa dikuasainya. Dikuasai dunia tidak hanya tergantung terhadapnya tetapi juga merasa khawatir untuk melepas dunia. Salah satu cara untuk menerapkan zuhud adalah ringan berinfak/dermawan. Zuhud juga berarti meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat untuk akhirat. Zuhud pada dunia adalah pendek angan-angan bukan makan biasa dan berbaju pasar. Bukan berarti tidak boleh makan atau berbaju baik tapi tidak menjadikan itu sebagai gaya hidup.

Zuhud artinya tidak berduka dengan yang luput dan tidak terlalu gembira dengan yang didapat ~ mirip sifat qona’ah atau menerima/ridho dengan apa yang diberikan Allah. Dampak sifat zuhud: soliditas internal yg kuat -> tanggung jawab bersama, harmonisasi sosial -> peduli dgn kondisi lingkungan, keterkaitan hati dgn masyarakat, terbentuk ritual dgn Allah -> tenang beribadah.

Iklan

2 thoughts on “Zuhud dan Qonaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s