Sasirangan dan Batik Jogja


M3.2-I4.2-2S2-Z4.2-A4

image
Sasirangan khas Menado

Sepekan lagi saya dan rekan-rekan kantor ada kegiatan rutin tahunan. Mengingat momennya setahun sekali, bos saya ingin kami seruangan memakai baju yang seragam. Beliau membeli kain banyak buat kami ketika dinas ke Menado, masing-masing dapat satu potong kain Sasirangan. Sepekan lalu penjahit langganan kami datang untuk mengukur dan mengambil bahan itu untuk dijadikan kemeja. Kamipun menyerahkan kain kami masing-masing untuk dijahit, tapi tidak semua …

Sebulan lalu sebelum liburan tahun baru kami mendapat info bahwa kain pemberian bos saya akan dijahit secara kolektif tapi setelah kami mencari tau didapat info tambahan dari rekan kami yang turut bos saya dinas ke Menado bahwa kain Sasirangan itu adalah kain sutra. Jadilah kami yang laki-laki merasa gamang untuk memakainya meski itu seragam dengan bos-bos kantor. Buruan saja saya memikirkan alternatif untuk menggantinya dengan kain bermotif sejenis.

Waktu itu seorang rekan pulang liburan tahun baru ke kampungnya di Cirebon. Saya minta kepadanya untuk mencari kain batik motif Sasirangan, setidaknya saya menggantinya dengan risiko tertentu. Saya sendiri berkesempatan untuk pulang kampung, bahkan mampir ke Pasar Beringharjo Jogja untuk membeli kain batik. Saat saya mendapati kain batik motif Sasirangan, saya putuskan untuk membeli beberapa potong. Selain sebagai buah tangan, setidaknya saya memberikan alternatif untuk rekan-rekan kantor atas rencana pembuatan kemeja seragam itu.

Hari ini penjahit itu datang membawa baju pesanan kami. Masing masing mendapat satu potong kemeja batik. Persis setelah kami mencoba baju-baju itu, bos saya datang menghampiri lalu menyampaikan keirian kekagumamnya atas kemeja yang kami pakai. Warnanya memang lebih cerah dan mencolok sedangkan kain Sasirangan yang kami terima warnanya agak redup. Sampai-sampai beliau bilang mestinya beliau yang pertama kali memilihnya.

Bahkan Sasirangan berbahan sutra bisa tidak lebih bagus dipandang daripada kain batik Jogja.

It’s not only about the beauty but it’s about shareeah.

One thought on “Sasirangan dan Batik Jogja

Tinggalkan Balasan

