Perang Melawan Tikus


M3.2-I4-S2-Z4-A4

Pernahkah rumah Anda disatroni maling? Alhamdulillah kalo rumah Anda selalu aman. Memang rumah saya belum pernah disatroni maling, tapi makanan di rumah saya sering hilang. Maling itu ternyata tikus. Ya, sudah beberapa bulan kami mendapat tamu tak diundang itu. Sepertinya mereka masuk ke rumah saya lewat saluran air yang tembus ke selokan, lalu mereka bersembunyi di gudang.

Dulu kami juga pernah diganggu dengan kehadiran tikus-tikus yang suka mencuri makanan. Waktu itu saya membeli satu perangkap tikus lalu memasang umpan berupa ikan dan buah lalu menempatkannya di gudang. Beberapa hari sesudahnya tiga tikus kecil sudah terperangkap di dalamnya. Saya lalu membuang mereka di kebun kosong tidak jauh dari rumah. Sekarang cara itu entah kenapa tidak berhasil lagi. Sudah berkali-kali umpan saya pasang, berkali-kali pula umpan itu hilang tanpa hasil. Sepertinya tikus-tikus yang sekarang mampir cukup terlatih dengan perangkap itu.

Sebulan yang lalu yang kami tau tikus yang berkeliaran dalam rumah ada dua atau satu. Belakangan malam-malam saya memergoki lima ekor tikus di belakang lemari makan, empat di antaranya masih kecil-kecil. Saya jadi bertanya-tanya dari mana datangnya tikus-tikus anakan ini ya? Sayang mereka sudah lincah-lincah, coba saya temukan waktu masih cindil tentu sudah saya buang jauh-jauh. Hadoh, mesti pake apa ya buat menangkap atau mengusir mereka dari rumah?

Pagi ini saya memasang lem tikus di belakang kulkas, tes pertama tindakan terhadap tikus-tikus itu. Mulai hari ini saya menyatakan: perang terhadap tikus. Semoga saya bisa segera mengenyahkan mereka dari rumah kami, mengingat bulan-bulan ke depan istri saya akan butuh lingkungan yang lebih steril. Bismillah … Ya Allah mudahkanlah urusanku!

5 thoughts on “Perang Melawan Tikus

  1. Hihihihi..
    saya juga sedang menyusun strategi mas untuk memerangi tikus di rumah,
    dulu waktu ada kucing di rumah, tikus gak ada, namun setelah istri hamil, si kucing mesti mengungsi dulu…
    sekarang blm nemu caranya..

    sukses mas, terus berbagi ya 😀

Tinggalkan Balasan

