Memunculkan Ide dalam Sepuluh Menit


M3-I4.2-T2-W1-2S2-Z4.2-A4

Pernahkah Anda butuh ide cemerlang ketika mendekati deadline? Saya jadi ingat waktu saya masih SD dulu pas pelajaran seni rupa. Kami diberi waktu 30 menit di luar kelas untuk membuat gambar bebas. Sekolah saya waktu itu di kampung, dekat dengan persawahan, bukit Tidar yang masih rimbun, juga bisa melihat Merapi dan Merbabu menjulang di kejauhan. Lama benar saya mencari ide gambar yang menarik tapi tidak ketemu, hingga waktu telah berlalu 20 menit.

Teman-teman saya sudah asyik menggambar dengan gaya masing-masing tak terkecuali si jago lukis Nugroho, yang entah kini sedang apa dan di mana. Tiba-tiba saya seperti mendapatkan sudut yang tepat untuk mengambil obyek gambar. Bukit Tidar itu tiba-tiba menjadi gambar semi-abstrak di kertas gambar saya. Memang bukan seketika seperti sebuah magic atau sulap melainkan sebuah proses cepat yang seolah bagai sebuah slow-motion. Dan dalam sepuluh menit ide cemerlang itu menguasai otak saya, mengalir ke tangan dan mata saya. Meski saya yakin gambar itu bukan gambar terbaik di kelas tapi setidaknya saya merasa bahwa itulah gambar terbaik yang pernah saya buat. Sayang gambar itu tidak pernah saya abadikan, secara jangankan hape berkamera macam sekarang bahkan kamera digital sekalipun belum pernah saya lihat, tentu bukan berarti no picture hoax bukan?

Nah sekarang akan saya coba tangkap suasana ketika ide menggambar itu ada di benak saya dalam rangka membuat kerangka tulisan ilmiah untuk diikutkan dalam LKTI tahun ini. Jam dinding saat ini menunjukkan waktu 11 malam kurang 15 menit, semoga jam 11 malam tepat ide cemerlang telah membuahkan hasil. Tik tok tik tok …

Judul: Meningkatkan Kinerja Lemsaneg dengan SIM Terpadu
A. Pendahuluan
A.1. Latar Belakang
A.2. Tujuan
A.3. Ruang Lingkup
A.4. Metodologi
B. Landasan Teori
B.1. Definisi Kinerja
B.2. Definisi SIM
B.3. Visi-misi Lemsaneg
C. Kondisi Aktual
C.1. Perencanaan
C.2. Realisasi
C.3. Monitoring dan Evaluasi
C.4. Pelaporan
C.5. Kendala dan Hambatan
D. Kondisi Ideal
D.1. Konsep SIM Terpadu
D.2. Kelebihan dan Kekurangan
D.3. Solusi atas Peningkatan Kinerja
E. Penutup
E.1. Kesimpulan
E.2. Saran

Abstrak: Organisasi tidak berjalan hanya dengan substansi tetapi akan berhasil ketika menjalankan manajemen yang baik. Organisasi tidak hanya dinilai dari idealisme pentingnya dalam sebuah sistem melainkan dihargai dari kinerja yang berkualitas. SIM merupakan alat bantu yang umum digunakan dalam menjalankan manajemen organisasi, namun tidak semua SIM memberikan kontribusi atas peningkatan kinerja organisasi. Lemsaneg mempunyai banyak SIM, tapi kesemuanya belum mendorong kinerja lebih optimal. SIM Terpadu menawarkan solusi atas terlaksananya manajemen organisasi yang meningkatkan kinerja Lemsaneg. Penyusun menggunakan studi pustaka, survei dan wawancara untuk merancang suatu SIM Terpadu yang membantu Lemsaneg meningkatkan kinerjanya.

Tulisan di atas membutuhkan waktu hampir 25 menit …

2 thoughts on “Memunculkan Ide dalam Sepuluh Menit

Tinggalkan Balasan

