H8 | Mengurus Listrik ke PLN


M3.2-I4-2.S2-Z4.2-A4

image

Agenda hari ini adalah mengurus pemindahan titik listrik rumah saya. Tiga hari sebelumnya seorang tetangga yang tukang listrik menawari saya terkait hal ini, tapi mengingat satu dan lain hal akhirnya saya putuskan untuk menghubungi kantor pelayanan PLN terdekat untuk urusan ini.

Pagi ini saya dan Faqih datang ke PLN, kami disambut oleh Satpam ramah yang mengarahkan kami untuk menunggu sementara petugas melayani pelanggan lain. Tidak lama kami mendapatkan giliran, langsung saya sampaikan maksud dan tujuan saya kepada petugas. Ia mencatat data yang saya berikan dalam suatu buku besar. Saat saya menanyakan kapan saya bisa mendapatkan jasa tersebut, petugas menjawab hari ini juga akan disurvei. MANTAP, ini yang saya suka. Real-Time Service, sesuai harapan semua pelanggan tentunya. Lalu saya bertanya tentang biaya jasa, petugas menjawab bahwa untuk perubahan data akibat tindakan pemindahan titik listrik adalah Rp 175.000,-. CUKUP TERJANGKAU, saya pikir pantas dengan jasa yang saya peroleh. Saya coba menanyakan tentang biaya tambahan, petugas menjawab untuk kabel tambahan dikenai biaya sesuai kebutuhan dan untuk jasa pemasangan seikhlasnya. WAIT wait wait, untuk kabel boleh lah ditanggung pelanggan tapi jasa pemasangan itu apa tidak sudah termasuk dalam biaya awal? Hmmm perasaan saya mulai tidak enak. Saya dan Faqih berpamitan setelah saya meminta nama petugas dan mendapat kepastian petugas akan datang ke rumah pukul 5 petang.

Sore ini saya sengaja pulang cepat mengingat akan ada petugas PLN yang datang untuk melihat kondisi di rumah saya. Jam 5 lewat, setelah sebelumnya saya telpon, dua orang petugas datang lengkap dengan baju seragam dan mobil dinasnya. Saya tunjukkan rumah saya dan titik kabel yang akan dipindah. Ada 5 kabel listrik yang melayang di atas atap rumah saya. Selain 1 yang berhenti di rumah saya, ada 4 kabel lain yang kesemuanya bersumber dari sebuah tiang listrik besi yang sudah usang. Petugas melihat, bertanya, sekaligus menghitung. Saya tanyakan tentang prosedur yang mesti saya jalani, ia menjawab kalo tinggal pelaksanaan dan pembayaran. Saya bertanya besar biaya, ia menjawab bahwa untuk pemindahan titik listrik rumah saya akan dikenakan biaya 3 x Rp 175.000,- karena ada 3 kabel yang mesti dipindahkan, berarti saya yang cuma pakai 1 kabel mesti kena biaya Rp 525.000,-. No no no … saya pun berpikir lagi lalu menanyakan tentang berkas yang mesti saya isi. Petugas menjawab, Kalo itu bapak silakan datang ke kantor PLN Depok, untuk kami cukup dengan kuitansi saja tanpa berkas. Nah lho, berarti berarti patut disangka bahwa para petugas ini sejatinya bekerja di luar prosedur ya. Saya jadi berpikir berapa sebenarnya biaya pindah kabel PLN ini dan menunda niat pindah kabel secara resmi …

Tinggalkan Balasan

