H33 | Klinik Anak atau Poli Anak?


M3-I4-2.S2-

image
Alur layanan puskesmas dan mading

Puskesmas dan rumah sakit adalah fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah bersama swasta bagi masyarakat. Di kota/kabupaten besar dan sedang puskesmas hadir di hampir setiap kelurahan/desa dan kecamatan. Sedangkan rumah sakit daerah umumnya ada di setiap kota/kabupaten.

Saat ini kesadaran masyarakat atas kebutuhan atas fasilitas kesehatan diimbangi dengan semakin meningkatnya alokasi dana kesehatan. Mulai dari puskesmas kelurahan/desa hingga rumah sakit pusat meningkatkan kapasitasnya dalam melayani masyarakat, terbukti dari semakin lengkapnya peralatan dan tenaga kesehatan sehingga bahkan untuk kebutuhan kesehatan spesialis.

Dulu istilah poliklinik hanya ada di rumah sakit besar, 10 tahun belakangan istilah itu sudah bisa ditemui di puskesmas kecamatan. Sekarang di banyak puskesmas kelurahan/desa telah memiliki poliklinik, setidaknya poli umum, poli gigi, dan poli KIA (KB, ibu, anak). OOT (kembali ke ju … duuuul!), sebenarnya istilah poliklinik ini diadop dari frase Inggris polyclinics yang berarti tempat di mana pasien bisa mendapatkan layanan kesehatan (termasuk diagnosa) tanpa harus menginap. (poly = banyak atau polis = kota; clinic = tempat tidur)

A *polyclinic* (or *policlinic*), is a place where a wide range of health care services (including diagnostics) can be obtained without the need for an overnight stay. Polyclinics are sometimes co-located with a hospital. Sumber: wikipedia

Bila poli di sini diartikan banyak, maka poliklinik berarti banyak klinik. Sedangkan bila poli diartikan sebagai tempat maka poliklinik berarti tempat pengobatan. Masyarakat kita mungkin lebih familiar dengan istilah pertama sehingga banyak kita temui istilah klinik digunakan untuk hanya satu macam layanan sedangkan poliklinik untuk banyak macam layanan. Namun entah dari mana dimulainya poliklinik kemudian dibagi sesuai spesialisasinya menjadi poli umum, poli gigi, poli KIA, dan poli-poli lainnya padahal mungkin lebih pas jika pembagian poliklinik adalah klinik umum, klinik gigi, klinik KIA, dan klinik-klinik lainnya.

Meski begitu karena bahasa digunakan untuk memudahkan komunikasi antarmanusia, istilah yang kurang pas sekalipun menjadi tidak penting karena yang utama adalah bisa dipahami oleh kedua belah pihak. So, apakah Anda memahami bahasa saya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s