H4 Ramadhan | Puasa Saat Liburan


M3.2-I4.2-T23-2.S2-D2-2.Z4.2-A4-T5

Sohib blogger di manapun Anda berada, apa kabar? Semoga Anda selalu sehat dan bahagia. Di bulan Ramadhan ini saya ada target amalan setiap hari baik itu ibadah wajib maupun amalan sunnah. Mengapa? Karena buat saya Ramadhan ini terlalu berharga untuk disia-siakan dengan hanya melakukan aktifitas rutin dan ibadah tambahan umum seperti tarawih saja. Apakah Anda juga punya target amalan harian?

Buat kita yang bekerja atau kuliah reguler mungkin kesibukan rutin menjadi kendala untuk mencapai target-target itu meskipun sebagai PNS, jam kerja saya diringankan oleh pemerintah selama Ramadhan ini. Karenanya saya mesti punya strategi khusus untuk mengisi hari-hari dengan aktifitas ibadah di sela-sela aktifitas rutin. Misal menggunakan waktu luang sebelum mulai beraktifitas atau sesudahnya atau saat istirahat siang. Masing-masing kita tentu punya prioritas sendiri untuk alokasi waktu-waktu itu.

Nah, perbandingannya sekarang adalah hari kerja dan hari libur. Mana yang lebih efektif untuk mencapai target amalan harian? Kalo Anda boleh bilang hari libur karena lebih banyak waktu luang, tapi kenyataan yang saya alami hari kerja lebih efektif. Nyatanya target amalan saya lebih banyak tercapai di hari kerja dibanding hari libur. Ambil satu contoh saja, tilawah. Di hari kerja ada waktu istirahat siang dan ba’da Asar yang bisa digunakan untuk tilawah. Di hari libur, selalu saja ada kegiatan ekstra yang kudu dikerjakan seperti silaturrahim, beres-beres rumah atau lembur kerjaan kantor. Kadang juga ada event pengajian, undangan atau acara lain yang mengharuskan kita lebih banyak berada di perjalanan ketimbang di rumah.

Karenanya perlu lebih cermat untuk mengatur jadwal kegiatan terutama saat liburan agar target amalan harian tercapai. Misal menyempatkan sholat dhuha sebelum bepergian. Mengambil ba’da tarawih dan ba’da Subuh secara optimal untuk tilawah. Berolahraga di sore hari libur untuk menjaga kebugaran tubuh juga sangat penting. Mungkin Anda punya strategi yang berbeda? Silakan dibagi-bagi di sini, mumpung Ramadhan kita tahun ini masih panjang. Akhir kata, semoga Ramadhan ini menjadi momen terbaik dalam hidup kita. Happy Ramadhan!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s