H13 Ramadhan | Puasa di Brasilia


MI3.2-T2-S2-ZA2.2-T

image
Bandara Internasional Brasilia

Akhirnya sampai juga di kota Brasilia setelah menempuh perjalanan panjang yang cukup melelahkan. Meski saya akui pelayanan maskapai ini untuk penumpang business class sangat memuaskan tapi waktu tempuh yang begitu lama tetap membuat saya lumayan capek. Untungnya saya tidak perlu lagi bingung mencari taksi dan hotel untuk menginap karena teman yang sudah 2 tahun tinggal di Brasilia menjemput saya di bandara. Ia lalu membawa saya ke Restaurante Bali untuk menikmati teh hangat (cha), sup bakwan, gado-gado, dan burung dara goreng. Setelah kenyang barulah kami pulang ke apartemennya untuk istirahat. Alhamdulillah … sebelum tidur saya sholat Maghrib-Isya’.

Paginya saya bangun jam 4.30 untuk makan sahur. Nyonya rumah sudah sibuk menyiapkan makanan sahur sedangkan sang suami tahajjud. Saya sendiri langsung berwudhu lalu bersiap untuk makan sahur. Waktu Imsak di Brasilia hari ke-13 Ramadhan adalah jam 5.25. Selepas sahur saya dan kenalan baru yang juga tinggal di rumah teman saya ini sholat Subuh berjama’ah lalu kami ngobrol tentang banyak. Tak terasa hari semakin siang sehingga kami mesti bersiap-siap untuk memulai aktifitas. Bismillah …

image
Ipe, pohon khas Brasilia

Cuaca hari ini agak panas, dan memang beberapa hari terakhir suhu udara di Brasilia mulai naik. Ini tentu kondisi yang baik karena sebelumnya suhu begitu dingin tapi sekaligus juga kurang menguntungkan terutama untuk kami yang sedang menjalani puasa Ramadhan. Meski begitu saya yang baru pertama kali berpuasa di Brasilia merasa cukup nyaman dan tidak terlalu berat. Malahan karena saya menghabiskan hari dengan banyak aktifitas, maka waktu terasa begitu cepat berlalu. Subhanallah

Yang baru, wajar untuk orang lokal, tapi mesti saya hadapi dengan kesabaran adalah bahwa orang-orang di sekitar saya lebih banyak  (mayoritas) tidak puasa dan bahkan para wanitanya berpakaian tidak (kurang-red) menutup aurat. Kata teman saya di sini mesti banyak istighfar, saya paham tapi memang agak repot jika mereka adalah orang-orang yang dekat dengan kita (tetangga, rekan kerja, dll) terlebih karena mereka tidak merasa risih saat auratnya dilihat oleh yang bukan mahram. Astaghfirullah

image
Sholat di KBRI

Di sini buka puasa jam 17.58 atau berarti puasa 12,5 jam, kurang lebih pendekan dari di Jakarta yang puasa lebih dari 13 jam. Suasana puasa di sini juga jauh dari Indonesia, tidak ada (minim-red) yang tarawih berjama’ah atau sholat fardhu berjama’ah seperti umumnya di Indonesia. Di sini juga tidak ada siaran teve khusus menyambut Ramadhan, malahan jam 20 malam menunya sudah film-film dewasa. Masya’Allah … inilah ujian puasa di negeri sepakbola. Semoga puasa saya selama di sini tetap terjaga, aamiin.

2 thoughts on “H13 Ramadhan | Puasa di Brasilia

Tinggalkan Balasan

