H19 Ramadhan | Sahur di Doha, Ifthor di Depok


MI3.2-S2-ZA2.2-T

Akhirnya sampe juga saya di Doha, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 18 jam. Waktu lokal jam 23 lewat, atau jam 3 dini hari WIB. Setelah sholat jama’ Maghrib dan Isya’, saya pun beristirahat di Lounge yang tersedia.

image
Menu sahur a la Doha

Lewat jam 00 atau jam 4 WIB, saya putuskan untuk makan sahur di Lounge. Meski saya masih bingung menghitung waktu tepatnya Imsak dan Subuh di atas pesawat nanti tapi saya pikir kalo pun saat ini saya mulai puasa, berarti tidak akan beda jauh dengan jika saya sahur di Jakarta. Toh berbukanya tetap saat Maghrib di Depok nanti toh, jadi tak masalah jika pun nanti di pesawat saya masih makan-minum hingga waktu fajar tiba.

Jam 1 lewat saya naik ke pesawat yang akan membawa saya kembali ke tanah air. Perkiraan waktu tempuhnya kurang dari 11 jam atau tiba di SHA kira-kira jam 4 kurang. Di perjalanan saya sempatkan sholat Subuh dengan melihat warna langit yang mulai terang terkena matahari. Saat pesawat sudah mulai menyusuri pantai Sumatera waktu lokal sudah lewat dari jam 13, saya putuskan untuk sholat jama’ Zuhur dan Asar dengan pertimbangan saat sampe sana tentu ada waktu yang diburu-buru sehingga khawatir tidak keburu sholat di rumah.

image
Juanda yang (selalu) macet

Jam 16 kurang pesawat mendarat di SHA, pengurusan imigrasi dan bagasi memakan waktu kurang lebih 30 menit. Karena dijemput keluarga rekan seperjalanan saya sampe di Cibubur sebelum 17.30 atau masih ada waktu setengah jam menuju rumah sebelum Maghrib. Naik taksi dengan akses tol menuju Depok membuat perjalan begitu cepat, sayangnya kemacetan menunggu di Juanda arah masuk Margonda. Saya pun mulai ragu akan sampe rumah sebelum Maghrib. Benar saja, persis saat azan berkumandang saya baru sampe pertemuan Jl. Nusantara dan Jl. H. Asmawi sehingga saya putuskan untuk berhenti di masjid dekat rumah. Saya buka puasa dan sholat Maghrib di situ. Subhanallah … hari puasa saya menempuh jarak lebih dari 6 ribu kilometer. Sahur di Doha, ifthor di Depok.

Tinggalkan Balasan

