H21 Ramadhan | Saatnya Geber Ibadah


M3.2-I4.2-T11-2.S2-D4-2.Z4.2-A4-T

image

Malam ini sudah malam ke-22 Ramadhan, atau berarti tinggal menyisakan 7-8 hari Ramadhan. Sudahkah kita mencapai target amaliyah harian? Kalo sudah, bagus. Kalo belum? Masih ada waktu untuk kita mengejarnya. Saatnya geber ibadah di sisa Ramadhan ini, sekaligus kita berburu Lailatul Qadr.

Ibadah yang dicontohkan Rasulullah SAW. di fase akhir Ramadhan adalah i’tikaf atau berdiam diri di masjid. Sebenarnya tidak tepat dibilang berdiam diri, karena i’tikaf adalah amaliyah mendekatkan diri pada Illahi (taqarrub illallah) sehingga tentu bukan cuma diam melainkan memperbanyak dzikir (ingat) kepada Allah SWT. Aktifitasnya meliputi sholat, tilawah (membaca) Al Qur-an, wirid, atau ibadah yang lain.

Fase akhir Ramadhan memang krusial. Begitu banyak godaan datang menyambut lebaran. Mulai dari pasar dan swalayan yang mulai all-sales hingga tuntutan mudik yang sudah menjadi tradisi. Suasana ibadah pun menjadi hambar, ketika tarawih mulai ditinggalkan jama’ah dan tadarus sepi peminat. Entah sejak kapan hal ini jamak di masyarakat, atau mungkin hanya terjadi di sini.

Sayang sekali, jika benar hal ini juga terjadi pada kita. Mengapa? Karena di fase akhir Ramadhan inilah kesempatan ummat Muhammad SAW. mengejar level ibadah ummat-ummat nabi terdahulu. Ummat terdahulu hidup ratusan tahun, ibadahnya juga tidak tanggung-tanggung. Bandingkan dengan ummat ini yang hidup tak lebih dari 100 tahun, ibadahnya juga tak lebih dari 1 jam/hari.

Lailatul qadr adalah wildcard. Kartu bonus untuk ummat ini bersaing kualitas ibadah dengan ummat terdahulu. Nilai ibadah di lailatul qadr lebih baik dari 1000 bulan, atau lebih dari 83 tahun. Saat ummat ini meraih lailatul qadr, maka nilai ibadahnya berlipat ganda menyaingi nilai ibadah ummat terdahulu. Maka, apakah kita tidak tertarik dengan fasilitas Allah ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s