H22 Ramadhan | I’tikaf di Kantor


M3.2-I4.2-T13-2.S2-D4-2.Z4.2-A4-T

image
Jama'ah i'tikaf mengikuti kajian

Ini tahun kedua masjid kantor saya mengadakan kegiatan i’tikaf jama’i. Meski hanya 3 malam saja tapi ternyata peminatnya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Di tahun pertamanya i’tikaf diikuti hingga belasan jama’ah, sedangkan tahun ini pesertanya hingga dua puluhan. Subhanallah …

Sebenarnya i’tikaf memang bukan kegiatan unggulan masjid kantor saya. Beberapa kegiatan yang sudah biasa dijalankan setiap Ramadhan menjadi andalan seperti kajian Dzuhur dan syiar Nuzulul Qur-an. Tapi i’tikaf adalah sunnah Rasulullah SAW. dan merupakan amal utama di akhir Ramadhan. Karenanya perlahan tapi pasti masjid mulai mengenalkannya pada karyawan muslim sebagai jama’ahnya. Bisa dibilang ini menjadi pembelajaran baik untuk jama’ah sekaligus juga buat panitia Ramadhan.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam i’tikaf ini meliputi:
1. Buka puasa bersama
2. Sholat Maghrib, Isya’ dan tarawih berjama’ah
3. Kajian Islam tematik
4. Sholat tahajjud berjama’ah (qiyamullail)
5. Sahur bersama
6. Sholat Subuh berjama’ah
Kalo dibandingkan dengan kegiatan i’tikaf di masjid-masjid lain yang sudah terbiasa mengadakannya memang belum seberapa, ada beberapa kegiatan yang dilewatkan. Tapi inilah pembelajaran, mengingat jama’ahnya 100% masih bekerja dan tidak ada yang full-timer beri’tikaf, jadi kekurangannya akan dilengkapi beberapa tahun ke depan.

Bila dicermati masyarakat kita belum semua paham tentang i’tikaf ini sehingga banyak yang ingin meningkatkan ibadah di akhir Ramadhan tapi tidak beri’tikaf di masjid-masjid. Bahkan ada sebagian mubaligh yang memberikan opini bahwa i’tikaf bisa dilakukan di rumah dan itu lebih utama dari masjid. Karenanya perlu dilakukan syiar secara bertahap untuk membentuk pemahaman di masyarakat tentang keutamaan dan tata cara (kaifiat) i’tikaf. Itulah kira-kira yang sedang dikerjakan oleh rekan-rekan panitia Super Ramadhan di kantor saya. Barokallahu fikum!

Saya melihat pesertanya cukup antusias meski masih didominasi anak-anak muda. Semoga tahun-tahun ke depan makin banyak karyawan muslim yang ikut serta dalam kegiatan ini sehingga masjid kantor saya bisa jadi pilihan di sepuluh malam terakhir Ramadhan seperti masjid At Tin, Istiqlal, Al Azhar, dan masjid-masjid jami’ lainnya. Aamiin …

Bagaimana dengan Anda, sudahkan Anda beri’tikaf di akhir Ramadhan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s