Ucapan Selamat yang Terlambat


M3.2-I4.2-2.S2-D2-Z4-A4-T

Beberapa hari terakhir saya disibukkan dengan silaturrahim offline. Meski tahun ini saya tidak mudik, agenda liburan diisi kunjungan ke beberapa saudara yang tinggal di sekitar Jabodetabek. Memang tidak sebanyak saat pulang kampung, tapi tetap saja menyita waktu dan perhatian. Komunikasi online berjalan sih, malahan menjelang sholat Ied kemarin urusan kirim-terima ucapan lebaran via SMS dan Whatsapp hampir tercover 90%.

Tahun lalu meski saya sudah memakai smartphone tapi volume ucapan via SMS masih dominan. Tahun ini SMS ucapan bisa dihitung dengan jari, itupun dari saudara atau relasi yang tidak terhubung melalui Whatsapp. Tapi karena sudah mengcover hampir 90% dari seluruh contact saya, saya rasa ada banyak relasi yang belum saya kirimi ucapan selamat lebaran. Ups … sepertinya bos dan ex bos saya termasuk di dalamnya. He he he …

Kemarin ada SMS masuk, ucapan lebaran diawali dengan kalimat “Semoga belum telat ya …”. SMS dari seorang teman lama yang jarang sekali berkomunikasi dengan kami. Dari situ saya lalu menyimpulkan bahwa sebagian orang mungkin beranggapan kalo menyampaikan ucapan lebaran musti on time alias di H1 atau H2 lebaran dan kalo sudah lewat dari itu berarti sudah terlambat alias out of date. Hi hi hi … seperti jadwal penerbangan aja🙂

Dulu memang banyak orang menuliskan ucapan lebaran dengan tanggal, misal “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434H … dst.”. Sekarang juga sih …😛 tapi sebagian sudah tidak alias cukup menyebutkan tahunnya saja. Nah, kalo ucapannya pake tanggal gitu maka pantas saja ada masa berlakunya. Misal sudah sebulan dari lebaran baru ngirim ucapan lebaran, tentu berasa sudah basi. Padahal dulu masih banyak orang kirim ucapan dengan kartu lebaran via pos yang tidak mesti kilat khusus he he he … kartu bisa saja sampe agak lamaan kan😀

Ya sudah lah … apapun kapanpun dan bagaimanapun, ucapan lebaran yang intinya juga menyampaikan permohonan maaf tidak perlu dianggap basi karena itu merupakan ungkapan syukur kita sekaligus niat untuk memperbaiki hubungan dengan sesama manusia. Karenanya saya dalam kesempatan ini juga ingin menyampaikan:

Selamat Idul Fitri 1434 H.
Mohon dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan saya.
Semoga ibadah kita di Ramadhan diterima Allah dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Aamiin.

Banyak do’a dan harapan yang dimohonkan padaNya di hari-hari kemenangan nan fitri ini. Semoga hanya kebaikan saja yang kita dapatkan hingga bertemu Ramadhan tahun depan.

image
Masa depan yang cerah, secerah mentari pagi

Tinggalkan Balasan

