Makna Blogging di Tahun Baru 2014


Saat saya melihat hasil reviu WP’s monkeys atas performa blog saya di 2013, saya sadar tahun kemarin saya tidak lebih produktif dari tahun 2012. Ternyata bukan cuma urusan blogging saja yang tanpa kemajuan, bahkan untuk urusan berinteraksi dengan blog lain, sesama blogger dan komunitas blogger tahun 2013 tidak lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Duh

Memang sih … bila dikembalikan ke niat awal saya membuat blog ini maka tidak ada hubungannya dengan hal di atas tapi bila sesuatu pekerjaan atau hobi tidak memberi efek kepada diri sendiri dan orang lain dengan progress positif, bisa disimpulkan ia merupakan kerugian buat saya. Time is money bukan … jadi apapun mesti worthy dan better seiring waktu.

Ok lah … jika dosen blogger saja menjadikan blogging media untuk belajar menulis meski saya yakin tulisan-tulisan beliau selalu bagus baik dari konten maupun tampilan, maka mestinya saya harus lebih semangat belajar menulis di sini untuk mengasah ketrampilan menulis saya. So, seperti halnya ODOJ yang memacu seseorang secara berjama’ah membaca Al Qur-an satu juz sehari maka untuk urusan blogging ini mungkin mesti pasang hashtag #ODOP kali ya.

Saya percaya ilmu berkembang ketika yang dipelajari juga dipraktikkan atau diajarkan. Maka kemampuan otak untuk menyerap, mencerna dan mengkreasi ilmu berkembang sesuai proses belajar, praktik, dan berbagi. Jadi kenapa tidak menggunakan blogging untuk tiga hal di atas … tentu akan lebih manfaat dibanding hanya sekedar menyediakan ruang khusus untuk curhat. Bismillah … dengan ini saya resmi memulai program #ODOP di Tahun Baru 2014.

Tinggalkan Balasan

