Beratnya Subuhan Berjama’ah …


Pagi tadi udara terasa begitu dingin. Memang sejak dua hari lalu cuaca Jakarta dan sekitarnya hujan rintik-rintik hampir seharian. Kadang-kadang cuaca terang lalu hujan deras, seperti kemarin pagi saat orang-orang berangkat kerja. Siangnya hujan berhenti, sore malam hingga dini hari tadi hujan rintik kembali turun. Walhasil saat adzan Subuh berkumandang, suasana pun begitu lengang. Bila saja tidak ada pakdhe kontrakan, bisa-bisa musholla samping rumah saya tak ada sholat berjama’ah.

Memang dinginnya udara pagi menguji kemauan untuk bangun dan bergegas menuju masjid/musholla untuk sholat berjama’ah. Secara naluri, saat tidur dan udara makin dingin maka refleks yang bekerja adalah menarik selimut dan kembali mendengkur. Mungkin ini pula yang menjadi sebab Rasul SAW. menyebut sholat Subuh sebagai kewajiban yang berat untuk dilakukan kecuali bagi orang-orang beriman. Karena hanya orang yang benar-benar yakin akan kehidupan sesudah mati saja yang akan memenuhi panggilan Sangkhalik di saat cuaca lebih enak untuk melanjutkan tidur.

Ala bisa karena biasa … Ini pepatah yang tepat untuk menggambarkan suasana sholat Subuh di masjid/
musholla. Orang-orang yang hadir sholat Subuh berjama’ah umumnya adalah yang terbiasa hadir untuk sholat di masjid/musholla. Bahkan tidak semua orang yang rajin sholat berjama’ah di siang dan malam hari mampu selalu hadir dalam sholat Subuh berjama’ah. Brrrr … dinginnya air saat berwudhu dan berdiri sholat Subuh sungguh menyiksa bagi orang yang belum terbiasa.

Saya jadi berfikir tentang makna dibalik kalimat adzan Subuh yang tidak ada di adzan waktu-waktu yang lain. Ashshalatu khairum minannaum … Sholat itu lebih baik dari tidur. Allah SWT. menjanjikan pahala yang sangat besar bagi orang-orang yang sholat Subuh berjama’ah sehingga Rasul SAW. menyebutkan bahwa jika saja manusia tau rahasia di balik sholat Subuh berjama’ah maka mereka akan menghadirinya bahkan meski harus merangkak.

So, siapa yang suka dengan tantangan? Bila Anda suka, maka mendisiplinkan diri sholat Subuh berjama’ah di masjid/musholla adalah tantangan seumur hidup yang bonusnya tidak akan Anda sesali bahkan ketika ruh pergi dari jasad. Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s