Kejar-kejaran …


Di Indonesia banyak istilah kondisi yang menggunakan kata “kejar” seperti kejar tayang, kejar setoran, kejar target dsb. Kata ini digunakan untuk memberikan konotasi lebih dari sekedar kata “dikejar”, dengan penekanan pada waktu proses yang terbatas atau sempit. Misal kejar tayang, biasa digunakan untuk produk hiburan seperti sinetron yang waktu tayang dan waktu produksinya berhimpit. Artinya episode sinetron yang akan ditayangkan besok atau lusa baru diambil gambar hari ini atau kemarin.

Nah bagaimana dengan kejar paket A, paket B, dan paket C? He he he … ternyata frasa yang ini bukan berarti melaksanakan usaha percepatan aktifitas seperti pengertian kejar-kejar sebelumnya melainkan singkatan dari kelompok belajar. Kejar = kelompok belajar. Ternyata di Indonesia selain memangkas kata untuk memberi penekanan (konotasi) juga senang dengan meringkas frasa untuk memudahkan penyebutan.

So, dari dua fenomena di atas sedikit bisa disimpulkan bahwa orang Indonesia lebih suka yang pendek dan ringkas …😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s