TK-ku Sayang TK-mu Malang


image
Permainan di TK Faqih

Hari ini saya kebagian jatah mengantar anak-anak kursus Jari Aritmatika di TK Faqih. Suasana agak berbeda dari biasanya, hari ini sepi. Cuma ada saya dan anak-anak kecil yang sedang bermain di halaman TK, sebagian besar peserta kursus seperti anak-anak saya. Saya sendirian sehingga hanya bisa memandangi mereka yang sedang bermain dengan aneka permainan TK. Ada ayunan, prosotan, roda putar dan kubus panjat. TK Faqih ini memang tidak terlalu besar, halamannya pun sempit sehingga jenis permainan yang disediakan terbatas. Hmmm … saya jadi teringat TK saya dulu, TK Kartika Chandra Kirana.

Sewaktu kecil saya tinggal di asrama TNI AD di lingkungan Rindam. Semenjak TK B saya bersekokah di lingkungan militer itu sampai SD kelas 3 atau 4 … saya lupa. Nah, yang masih lekat dalam ingatan saya adalah halaman TK yang begitu luas dan jenis permainannya yang sangat banyak. Area bermain TK itu meliputi 60% area TK dan setidaknya ada sepuluh jenis permainan yang disediakan. Saya ingat suka sekali bermain pasir di bak pasir di ujung halaman, tepat di samping tembok SD saya. Dekat bak pasir ada prosotan dan ban-ban yang disusun untuk pijakan kaki. Setiap hari saat istirahat kami anak-anak kecil itu begitu senang dengan berbagai jenis permainan itu tanpa bosan.

Saya merasa beruntung karena saat TK bisa menikmati halaman TK yang luas lengkap dengan banyak jenis permainan … dan sepertinya anak-anak saya kurang beruntung karena TK mereka berhalaman sempit, permainannya juga terbatas. Meski begitu saya yakin TK adalah surga permainan pertama dalam hidup seorang anak … tentu untuk anak-anak yang menjalani TK ya karena sekarang TK seperti tidak wajib lagi. Sebuah lagu pendek yang sampai sekarang masih saya ingat, menggambarkan betapa indahnya bermain di TK.

Tinggalkan Balasan

