Jalan Rusak | Cuaca atau Teknik?


Akhir tahun hingga awal tahun berikutnya menjadi waktu paling krusial bagi warga Jakarta akhir-akhir ini. Bagaimana tidak? Hampir pasti akhir dan awal tahun menjadi saat mereka mengalami luapan air akibat volume hujan yang sangat tinggi bahkan ekstrim. Berdasarkan data dari BMKG berikut hingga April hujan masih akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Sungguh miris melihat ibukota Jakarta dikepung banjir, rumah-rumah terendam & akses jalan umum tertutup genangan.

Sebagai komuter Depok-Jakarta yang sehari-hari melintas jalan antarkota antarprovinsi (AKAP) meskipun tidak sampai terkena dampak signifikan dari curah hujan yang tinggi itu, saya tetap saja merasakan sebagian akibat darinya yaitu jalanan yang rusak. Entah disadari atau tidak jalanan yang rusak sudah menjadi konsumsi sehari-hari para pengguna jalan seperti saya. Misal jalan M. Kahfi I di depan Puskesmas Kecamatan Jagakarsa (Paso), sempat rusak cukup parah sehingga setiap kendaraan yang melintas di situ mesti jalan pelan-pelan di situ.

Saya sebenarnya cukup surprise waktu pada suatu hari saya melintasi jalan rusak itu dan kondisinya sudah diperbaiki. Dalam hati saya mengacungkan dua jempol untuk kinerja dinas PU Pemprov DKI. Cuma sayang sekali, belum genap satu bulan jalan yang diperbaiki itu sudah mulai berlubang lagi. Huff… ini karena faktor cuaca atau teknis ya? Memang bulan-bulan ini vokume hujan sedang tinggi jadi mesti dipahami siapapun termasuk pihak berwenang untuk mengantisipasinya, termasuk Dinas PU yang menangani kerusakan jalan. Saya pikir mestinya faktor teknis yang menyesuaikan faktor cuaca, karena itulah keunggulan engineering digunakan.

Saya belum belajar tentang ini memang, bahkan proses membuat jalan aspal saja saya tidak tau detil. Jadi menurut Anda, kerusakan jalan itu faktor cuaca atau teknis?

image
Jalan rusak di depan Puskesmas Paso

Tinggalkan Balasan

